Real Madrid Kuasai Eropa, Chelsea Raja di Inggris

Reky Kalumata
Real Madrid Kuasai Eropa, Chelsea Raja di Inggris
Pelatih, pemain dan staff Real Madrid rayakan keberhasilan tim mempertahankan gelar juara Liga Champions usai mengalahkan Juventus di babak final [AFP]

Momen menarik yang warnai sepak bola sepanjang tahun 2017

Suara.com - Tahun 2017 menjadi tahun yang sukses bagi pencapaian klub Real Madrid. Berikut adalah beberapa momen menarik yang mewarnai dunia sepak bola sepanjang kalender tahun 2017 ini.

Real Madrid Pertahankan Liga Champions

Pelatih, pemain dan staff Real Madrid rayakan keberhasilan tim mempertahankan gelar juara Liga Champions usai mengalahkan Juventus di babak final [AFP]

Tahun 2017 ini menjadi pencapaian yang terbaik Real Madrid. Klub besutan Zinedine Zidane ini berhasil mempertahankan gelar Liga Champions pada Juni 2017.

Madrid sukses menaklukkan Juventus saat final di Stadion Millenium, Cardiff. Madrid menjadi tim pertama yang meraih gelar Liga Champions secara beruntun dalam 3 dekade terakhir.

Madrid masih menambah trofi bergengsi lainnya di Eropa setelah meraih juara Piala Super Eropa. Mereka mengalahkan Manchester United di Stadion Philip Arena II di Makedonia.

Trofi Piala Dunia Antarklub adalah yang terakhir diraih skuat besutan Zinedine Zidane. Total lima gelar telah diraih Madrid setelah meraih dua gelar di domestik La Liga dan Supercopa.

Presiden klub Real Madrid Florentino Perez menyebut bahwa tahun 2017 ini adalah tahun yang tidak akan terlupakan dalam sejarah 115 tahun mereka.

Cristiano Ronaldo Samai Rekor Messi

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo meraih penghargaan Balon d'Or 2017 di Paris, Prancis. (Franck FAUGERE / L'EQUIPE / AFP)

2017 juga menjadi tahun yang sukses bagi Cristiano Ronaldo telah membawa Real Madrid meraih banyak gelar. Ronaldo didampuk sebagai pemain terbaik di dunia versi FIFA.

Dia juga berhasil meraih gelar Ballon d'Or pada Desember 2017. Pencapaian tersebut membuat Ronaldo menyamai rekor yang telah diraih rivalnya dari Barcelona, Lionel Messi.

Total Ronaldo telah meraih empat gelar individu keempat setelah UEFA Best Player in Europe Award 2017 dan terakhir adalah pemain terbaik Globe Soccer Awards 2017.

Chelsea Raja di Liga Inggris

Pemain Chelsea angkat trofi usai mengalahkan Sunderland di Stamford Bridge [AFP]

Chelsea juga mencatat pencapaian gemilang di tahun 2017 ini setelah merebut gelar juara Premier League musim 2016/2017. Hal itu dipastikan lewat kemenangan The Blues 1-0 atas West Bromwich Albion di The Hawthorns.

Kemenangan ini memastikan Chelsea aman di puncak klasemen hingga akhir musim. Chelsea meraih 87 poin dari 36 laga unggul sepuluh poin atas posisi kedua Tottenham Hotspur.

Ini menjadi pencapaian manis Antonio Conte membawa Chelsea juara di musim pertamanya. Ia menyamai Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti yang membawa Chelsea juara pada musim perdana.

Neymar Pemain Termahal Dunia

Bintang Brasil Neymar saat diperkenalkan sebagai pemain baru Paris St Germain di Parc des Princes. Lionel BONAVENTURE / AFP

Pada tahun 2017 terjadi pemecahan rekor transfer pemain termahal dunia setelah Paris Saint-Germain sukses memboyong Neymar Jr dari Barcelona pada Agustus.

Klub kaya Prancis tersebut menebus klausa pemutusan kontrak penyerang asal Brasil itu dari Barcelona senilai 222 juta euro atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Pihak Liga Spanyol menilai PSG melanggar aturan Financial Fair Play yang diterapkan Asosiasi Sepak Bola Eropa. Namun hal itu tetap tidak menghalangi kepindahan Neymar ke PSG.

Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Para pemain timnas Italia terpukul setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018 usai bermain imbang 0-0 melawan Swedia pada leg kedua play-off Zona Eropa di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Senin (13/11/2017). [AFP/Miguel Medina]

Tahun 2017 juga dikejutkan dengan gagalnya Italia untuk tampil di Piala Dunia 2018. Hal itu setelah Azzurri kalah agregat 0-1 dari timnas Swedia pada play-off Zona Eropa.

Saat menjamu Swedia, Italia hanya bermain 0-0 di Giuseppe Meazza. Sedangkan sbelumnya, Gianluigi Buffon cs kalah 0-1 ketika bertandang ke Friends Arena, 10 November 2017.

Tentu saja ini menjadi mimpi buruk bagi sepak bola Italia. Pasalnya, mereka merupakan tim yang menjadi langganan tampil di Piala Dunia.

Ini pertama kalinya dalam 59 tahun, Italia tak lolos ke Piala Dunia. Gli Azzurri telah 18 kali berlaga di Piala Dunia, enam kali lolos ke final dan memenangi empat di antaranya.

Kegagalan Italia ke Piala Dunia juga membuat kiper sekaligus kapten timnas Italia, Gianluigi Buffon memutuskan pensiun dari ajang internasional.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS