Gol Telat Kroos Bawa Sepuluh Pemain Jerman Taklukkan Swedia

Reky Kalumata
Gol Telat Kroos Bawa Sepuluh Pemain Jerman Taklukkan Swedia
Gelandang Jerman Toni Kroos merayakan golnya ke gawang Swedia. Odd ANDERSEN / AFP

Jerman menang 2-1 atas Swedia

Suara.com - Jerman masih membuka peluang ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah secara dramatis menaklukkan Swedia dengan skor 2-1. Gol Toni Kroos di akhir laga memastikan kemenangan Jerman yang bermain dengan sepuluh pemain di babak kedua.

Pada laga Grup F di Fisht Stadium, Sochi, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB. Swedia sempat memimpin lewat gol Ola Toivonen di babak pertama. Namun Jerman akhirnya membalas lewat gol Marco Reus dan Toni Kroos.

Jerman harus  bermain dengan sepuluh pemain setelah Jerome Boateng mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-82. Namun Jerman mampu menunjukkan kualitasnya dan dapat mengatasi hal itu dengan meraih kemenangan.

Dengan hasil tersebut, Jerman berada di posisi kedua dengan tiga poin sama dengan Swedia di klasemen Grup F. Sementara Meksiko memimpin dengan enam poin dan telah menaruh satu kakinya di  babak 16 besar.

Pada laga terakhir atau laga penentuan di Grup F, Jerman akan menghadapi Korea Selatan di Kazan Arena, Kazan, Rabu (27/6/2018). Sementara Swedia akan menghadapi Meksiko di Ekaterinburg Arena, Ekaterinburg.

Jalannya Pertandingan

Jerman langsung mencoba menekan di awal pertandingan. Ancaman sudah dilakukan oleh Julian Draxler di depan gawang namun kiper Swedia Robin Olsen masih dapat menggagalkan peluang Jerman ini di menit ke-3.

Der Panzer masih menguasai bola dan kembali mencoba menekan Swedia. Pada menit ke-8, Julian Draxler mencoba menusuk dari sisi kiri ke depan gawang namun sepakan kaki kirinya ke tiang jauh masih melebar.

Para pemain Jerman masih terus mencoba membuka peluang namun masih dapat diamankan para pemain belakang Swedia. Meski dalam tekanan namun Swedia mencoba melakukan serangan balik yang cepat.

Itu dilakukan oleh Marcus Berg setelah mendapatkan umpan terobosan menggiring bola dengan cepat ke pertahanan Jerman dan berhadapan dengan Manuel Neuer, namun kiper Jerman masih dapat menggagalkan tendangan Marcus Berg di menit ke-13.

Usaha Jérome Boateng lewat tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih dapat diblok di menit ke-16. Sementara peluang Swedia lewat sepakan kaki kanan Marcus Berg juga masih dapat diblok.

Satu menit berselang, Sebastian Rudy melepaskan tembakan kaki kanannya dari luar kotak penalti namun masih melenceng di sisi kiri gawang. Jerman masih menguasai penguasaan bola.

Penyerang Swedia Ola Toivonen merayakan golnya ke gawang Jerman. Nelson Almeida / AFP

Pada menit ke-31, Sebastian Rudy ditari keluar karena cedera dan digantikan oleh Ilkay Guendogan. Namun dua menit berselang Swedia mampu unggul lebih dulu 1-0 dari Jerman.

Gol tersebut dicetak oleh Ola Toivonen lewat sepakan kaki kanannya dari dalam kotak penalti dan bola melambung di atas Manuel Neuer sebelum masuk ke dalam gawang. Gol tersebut membuat tekanan semakin kuat kepada Jerman.

Jerman mencoba membalas namun tendangan kaki kanan Ilkay Gundogan dari luar kotak penalti masih dapat diamankan Robin Olsen. Sementara usaha Boateng di akhir babak pertama juga masih melenceng dari sasaran.

Swedia juga masih memiliki peluang lewat sundulan Berg yang menyambut tendangan bebas Sebastian Larsson namun bola masih dapat ditepis Neuer. Skor 1-0 bagi Swedia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Joachim Low memasukan Mario Gomez guna menggantikan Julian Draxler. Jerman pun mengambil inisiatif menyerang untuk membalas ketertinggalannya di babak pertama.

Usaha Jerman langsung membuahkan hasil setelah Marco Reus berhasil menjebol gawang Swedia lewat sepakan kaki kananya di depan gawang setelah menyambut umpan Mario Gomez dari sisi kiri di menit ke-48.

Pemain Jerman Marco Reus merayakan golnya ke gawang Swedia. Nelson Almeida / AFP

Skor pun menjadi 1-1. Tekanan kembali dilakukan oleh Jerman dan peluang Thomas Muller lewat sundulannya masih melenceng di sisi kanan gawang Swedia di menit ke-51.

Sementara tendangan kaki kiri Jonas Hector ke arah gawang masih dapat diamankan Robin Olsen di menit ke-56. Sedangkan dua kali usaha Toni Kroos lewat tendangannya masih dapat diblok di menit ke-63 dan 65 masih dapat diblok.

Swedia juga masih mencoba memberikan ancamannya ke pertahanan Jerman. Pada menit ke-76, sebuah tendangan dilepaskan oleh Emil Forsberg dari luar kotak penalti namun masih dapat diamankan Neuer.

Sementara Jerman kembali melancarkan tekananya dan sebuah tendangan kaki kaki Werner masih terlalu tinggi menyambut crossing Muller di menit ke-81.

Namun saat Jerman mencoba mengejar kemenangan, mereka harus bermain dengan sepuluh orang di menit ke-82. Jérôme Boateng harus meninggalkan lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua alias kartu merah.

Wasit Szymon Marciniak asal Polandia memberikan kartu merah kepada bek Jerman Jerome Boateng. Jonathan NACKSTRAND / AFP

Dengan sepuluh pemain, Jerman masih mencoba menekan. Sundulan Mario Gomez masih dapat diamankan Olsen. Menjelang akhir pertandingan usaha Julian Brandt lewat tendangannya dari luar kotak penalti masih membentur tiang gawang.

Jerman mendapatkan tendangan bebas pada menit 90 + 5 . Kroos mengoper pendek kepada Reus yang menahan bola tersebut  sebelum disambar Kroos lewat sepakan kaki kanannya dan masuk ke dalam gawang Swedia. Jerman pun menang dramatis 2-1.

Susunan pemain :

Jerman: Manuel Neuer, Jonas Hector (Julian Brandt 87'), Antonio Ruediger, Jerome Boateng, Joshua Kimmich, Julian Draxler (Mario Gomez 46'), Toni Kroos, Thomas Mueller, Sebastian Rudy (Ilkay Guendogan 31'), Timo Werner, Marco Reus

Swedia: Robin Olsen; Mikael Lustig, Viktor Lindelof, Andreas Granqvist, Augustinsson; Viktor Claesson (Jimmy Durmaz 74'), Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Marcus Berg (Isaac Kiese Thelin 90'), Ola Toivonen (John Guidetti 78')

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS