Depak Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018

Reky Kalumata
Depak Inggris, Kroasia Tantang Prancis di Final Piala Dunia 2018
Para pemain Kroasia merayakan gol Mario Mandzukic ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)

Gol Mario Mandzukic menjadi penentu kemenangan Kroasia 2-1

Suara.com - Kroasia akhirnya melaju ke final Piala Dunia 2018 dan akan menantang Prancis setelah mengalahkan Inggris 2-1 lewat perpanjangan waktu. Gol Mario Mandzukic menjadi penentu kemenangan Kroasia di babak semifinal ini.

Pada pertandingan di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB, Inggris lebih dulu unggul cepat lewat gol Kieran Trippier. Namun Kroasia mampu membalasnya lewat gol Ivan Perisic di babak kedua.

Skor imbang 1-1 membuat pertandingan ini pun harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu 15 x 2 menit. Mandzukic akhirnya mencetak gol di 15 menit kedua dan memastikan Kroasia ke final.

Pada partai final di Moskow, Minggu (15/7/2018), Kroasia telah ditunggu oleh Prancis yang lebih dulu lolos setelah mengalahkan Belgia. Ini menjadi pertama kalinya bagi Kroasia melaju ke final Piala Dunia. 

Sementara Inggris akan menghadapi Belgia pada hari Sabtu (14/7/2018) dalam perebutan posisi ketiga dan keempat. Ini menjadi ulangan di fase grup dimana ketika itu Inggris kalah 0-1 dari Belgia 

Jalannya Pertandingan

Inggris sudah unggul cepat 1-0 saat pertandingan baru berjalan lima menit. Gol tersebut dicetak oleh Kieran Trippier dari tendangan bebas lewat sepakan kaki kanannya yang melengkung masuk mulus ke dalam gawang Kroasia.

Tertinggal 0-1, Kroasia mencoba menambah tekanannya untuk membalas namun belum ada serangan yang membahayakan gawang tim Inggris. Sementara The Three Lions tetap mencoba membuka serangannya yang cepat dan berbahaya.

Pemain Inggris Kieran Trippier merayakan golnya ke gawang Kroasia di awal pertandingan semifinal Piala Dunia 2018. (Anadolu Agency)
Pemain Inggris Kieran Trippier merayakan golnya ke gawang Kroasia di awal pertandingan semifinal Piala Dunia 2018. (Anadolu Agency)

Salah satunya peluang yang dimiliki oleh Harry Maguire namun sundulannya masih berada tipis di samping gawang kiper Danijel Subasic setelah menyambut sepak pojok Trippier di menit ke-15.

Sementara Kroasia mencoba mengancam lewat sepakan Ivan Perisic dari luar kotak penalti namun masih melenceng dari target. Sementara Harry Kane mengancam di menit ke-22 namun dia berada di posisi offside.

Pada menit ke-31, Harry Kane dua kali mengancam gawang Kroasia namun kembali hakim garis menyatakan dia off side. Sementara sepakan berbahaya Ante Rebic masih dapat diamankan kiper Jordan Pickford di menit ke-32.

Sebuah serangan balik dilakukan oleh Inggris lewat Dele Alli namun Jesse Lingard yang berdiri bebas gagal dalam melakukan penyelesaiannya. Sepakannya di depan gawang masih melebar di menit ke-36.

Sedangkan Kroasia masih memainkan bola namun mereka masih kesulitan untuk mencari celah untuk melakukan serangan. Skuat besutan Zlatko Dalic masih kesulitan untuk mengancam gawang Inggris.

Hingga akhir babak pertama Inggris masih tetap unggul 1-0 atas Kroasia. Di babak kedua, Kroasia mencoba menguasai bola namun belum membuahkan ancaman berbahaya ke gawang Inggris.

Kroasia masih terus menekan namun pemain belakang Inggris masih mampu meredamnya. Akhirnya, Kroasia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-68 lewat tendangan voli Ivan Perisic menyambut umpan Sime Vrsaljko.

Pemain Kroasia Ivan Perisic (4) merayakan golnya ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)
Pemain Kroasia Ivan Perisic (4) merayakan golnya ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)

Inggris langsung mencoba membalasnya dengan melakukan serangan cepat ke pertahanan Kroasia, namun usaha Raheem Sterling masih dapat dibaca oleh Danijel Subasic di menit ke-70.

Sementara Perisic kembali mengancam namun kali ini tendangnya masih membentur tiang gawang, sedangkan bola rebound yang dapat oleh Rebic masih dapat diamankan Pickford.

Manajer Inggris Gareth Southgate menarik Raheem Sterling dan memasukkan Marcus Rashford, menggantikan Raheem Sterling guna mempertajam lini depannya.

Pada menit ke-77, tendangan Lingard dari sisi kanan masih melenceng di samping gawang Subasic. Selanjutnya tendangan voli Jordan Henderson masih melambung ke atas gawang Kroasia.

Sementara Kroasia juga masih mencoba melakukan teror ke gawang Inggris di sisa 10 menit pertandingan babak kedua. Namun tendangan Brozovic dari jarak dekat masih dapat digagalkan Pickford di menit ke-82.

Hingga tambahan waktu tiga menit di akhir babak pertama selesai skor masih tetap 1-1. Pertandingan pun harus dilanjutkan lewat perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Di 15 menit pertama, Inggris melakukan tekanan. Salah satu peluang Inggris dimiliki oleh John Stones lewat sundulannya di menit ke-99 namun masih dapat diblok Vrsaljko juga dengan sundulan di mulut gawang.

Sementara peluang Kroasia dimiliki oleh Mandzukic setelah mendapatkan umpan crossing dari Perisic. Namun sontekannya di depan gawang masih dapat digagalkan oleh Pickford di menit ke-105.

Para pemain Kroasia merayakan gol Ivan Perisic ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)
Para pemain Kroasia merayakan gol Ivan Perisic ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)

Namun setelah itu Manzukic sempat mendapatkan perawatan di dalam lapangan setelah sempat berbenturan dengan Pickford. Skor masih tetap 1-1 dan akan dilanjutkan 15 menit kedua.

Di 15 menit kedua, Mandzukic akhirnya membuat Kroasia berbalik unggul 2-1 di menit 109. Ia berhasil menjebol gawang Inggris lewat sepakan kaki kirinya guna menaklukkan kiper Pickford setelah menerima umpan sundulan Ivan Perisic.

Sementara Inggris tampaknya kesulitan untuk mengejarnya ketertinggalannya. Hingga wasit meniupkan peluit panjang Kroasia masih tetap menjaga keunggulannya 2-1 dan memastikan lolos ke final Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain :

Kroasia (4-2-3-1) : Danijel Subasic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Marcelo Brozovic, Ivan Strinic (Pivaric 94'), Sime Vrsaljko, Ivan Rakitic, Luka Modric (Badelj 119'), Ivan Perisic, Ante Rebic (Kramaric 101), Mario Mandzukic (Corluka 115)

Inggris (3-5-2): Jordan Pickford, John Stones, Harry Maguire, Kyle Walker, Jordan Henderson (Dier 97'), Dele Alli, Jesse Lingard, Ashley Young (Rose 91'), Kieran Trippier, Harry Kane, Raheem Sterling (Rashford 74')

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS