Sepakbola Asian Games 2018: Hong Kong Tekuk Laos 3-1 di Grup A

Rully Fauzi
Sepakbola Asian Games 2018: Hong Kong Tekuk Laos 3-1 di Grup A
Pemain Timnas U-23 Hong Kong, Cheng Hin Lung (kanan) saat merayakan golnya ke gawang Laos U-23 pada babak penyisihan Grup A cabor sepakbola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi Jawa Barat, Jumat (10/8/2018). INASGOC/Charlie/sup

Hong Kong pun memimpin klasemen sementara dengan poin 3.

Suara.com - Timnas Hong Kong U-23 memetik tiga poin setelah menang 3-1 atas Laos U-23 dalam pertandingan penyisihan Grup A cabor sepakbola Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi, Jumat (10/8/2018) petang WIB.

Di hadapan sekitar 10.000 penonton yang hadir di Patriot, Laos berupaya memperlihatkan tekanan dengan membangun serangan lewat duet penyerang Bounkong Bounpachan dan Natphasouk.

Keduanya membuka peluang gol saat laga baru dua menit berjalan lewat umpan pendek cepat di lini tengah lapangan, serta umpan lambung pemain sayap. Namun dua peluang itu berhasil ditepis dengan cermat oleh kiper Hong Kong, Yuen Ho Chun.

Gawang Laos yang dikawal kiper Paseuth Saymanolynh kemudian nyaris kebobolan gol saat umpan lambung dari tengah lapangan menuju kotak penalti lepas dari tangkapannya dan disambar pemain Hong Kong, Matthew Elliot di menit 13. Namun peluang di mulut gawang itu segera digagalkan oleh bek Laos.

Hong Kong akhirnya berhasil memetik gol pertamanya di menit 19 saat penyerang Cheng Hin Lung menyambar bola liar hasil sepakan kencang Tan Chun Lok yang lepas dari tangkapan kiper Laos. Gol tersebut membuat Hongkong unggul sementara 1-0 atas Laos.

Ketinggalan satu gol dari lawannya membuat pemain Laos tampil lebih agresif hingga berujung pada kartu kuning yang diterima oleh pemain tengah Laos, Kongmathilath, karena keisengannya menjegal pemain lawan di luar garis lapangan saat terjadi "out ball" di menit 30.

Kapten Laos, Khochalern mencoba memecah kebutuhan timnya dengan melesatkan tendangan langsung nan terarah dari luar kotak penalti di menit 36. Namun sepakan ini berhasil ditepis kiper Hong Kong.

Setelah itu, Tan Chun Lok berhasil menambah keunggulan Hong Kong lewat sepakan kerasnya yang gagal diantisipasi kiper Laos di menit 40.

Wasit asal Kyrgyztan, Faizullin Timur, lantas meniupkan peluitnya sebagai tanda berakhirnya babak pertama dengan keunggulan sementara Hong Kong 2-0 atas Laos.

Pada babak kedua, Hong Kong tetap mendominasi jalannya pertandingan di menit awal melalui serangan sayap dan umpan jarak jauh.

Tan Chun Lok pada laga ini bermain cukup istimewa melalui serangan cepatnya yang nyaris tidak pernah gagal menyambar setiap operan bola dari segala lini lapangan.

Namun Laos berhasil lepas dari kebuntuan saat terjadi kemelut di gawang Hong Kong. Scrimagge ini berhasil dimanfaatkan Kongmathilath Phitack menjadi gol pada menit 61.

Kemelut terjadi saat tendangan Natphasouk gagal diantisipasi kiper Yuen Ho Chun dan bola liar disambar oleh Phitack hingga berbuah gol. Kedudukan sementara papan skor berubah menjadi 2-1, masih untuk keunggulan Hong Kong.

Hong Kong kemudian menambah gol yang memperlebar keunggulan mereka menjadi 3-1, saat Tan Chun Lok lepas dari kawalan bek Laos dan menyarangkan bola pada menit 85.

 Gol terjadi saat bola yang dioper oleh Tan Chun ke arah rekannya membentur kaki pemain Laos Launlasy dan mengarah ke dalam gawang.

Skor 3-1 untuk kemenangan Hong Kong bertahan hingga waktu tambahan empat menit yang diberikan wasit berakhir.

Setelah laga ini, tepatnya pada pukul 19.00 WIB, dua tim lainnya di Grup A juga akan berjibaku. Timnas Palestina U-23 akan menghadapi Timnas Taiwan U-23, juga di Stadion Patriot.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 yang juga menghuni Grup A, akan memulai kiprah mereka dengan melawan Timnas Taiwan U-23 di Stadion Patriot pada Minggu (12/8/2018) malam pukul 19.00 WIB.

Susunan Pemain

Timnas Laos U-23: Paseuth Saymanolyh; Thanakhanty Aphixay, Sihanong Sonevilay, Lounlasy Lathasy, Sihalath Xouxana; Bounkong Bounpachan, Khochalern Phoutthasa, Innalay Phouthone, Kongmathilath Phithack; Natphasouk Soukchinda, Bounmalay Tiny.

Timnas Hong Kong U-23: Yuen Ho Chun; Hung Wai Keung, Tsui Wang Kit, Lau Hok Ming, Yu Pui Hong; Recio Comi Fernando, Tan Chun Lok, Dujardin Remi; Cheng Hing Lung, Tarres Paramo Jorge, Orr Matthew Elliot.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS