Kemenpora Akui Tak Bantu Timnas U-16, Tapi...

Bangun Santoso | Adie Prasetyo Nugraha
Kemenpora Akui Tak Bantu Timnas U-16, Tapi...
Kapten Timnas U-16 David Maulana (kanan) merayakan gol ke gawang Filipina. Laga penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2018 ini dimenangkan Indonesia dengan skor telak 8-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (29/7). [Antara/Zabur Karuru]

Usai juara Piala AFF, Timnas U-16 akan berlaga di Piala AFC, September 2018

Suara.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membenarkan tidak memberikan dana bantuan kepada timnas Indonesia U-16 yang berlaga Piala AFF U-16 2018. Namun, Kemenpora bakal mengupayakan membantu Timnas U-16 di Piala AFC pada September 2018.

Sebelumnya, beredar surat propas Kemenpora yang menolak memberikan bantuan kepada PSSI untuk Piala AFF U-16 2018 dan Piala AFC 2018. Surat tertanggal 7 Mei itu mengaku sedang fokus di Asian Games 2018.

"Sebelumnya, kami Kemenpora dan seluruh rakyat Indonesia tentu merasa gembira sekali dengan prestasi yang telah diraih oleh Timnas U-16. Ini tidak hanya kado istimewa bagi HUT RI tahun 2018, tapi juga dapat mendorong Timnas yang akan berlaga di Asian Games untuk dapat lebih berprestasi," kata Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto dalam rilis yang diterima Suara.com.

Gatot membenarkan, bahwa surat yang beredar tersebut memang betul asli dari Kemenpora. Berdasarkan laporan dari internal Deputi IV, anggaran dari Deputi IV tahun ini lebih difokuskan pada anggaran untuk dua Timnas Indonesia yakni putra dan putri yang akan berlaga di Asian Games.

Jumlahnya cukup signifikan, kurang dari Rp 20 miliar. Dengan rincian, total Rp 19.376.000. Untuk Timnas putra Rp 10.188.000 dan Timnas putri Rp 9.188.000. Kemudian Rp 5,9 miliar diperuntukan untuk lisensi wasit international, pelatih professional dan upgrading pelatih international.

"Program itu sudah dan masih berlangsung bersama PSSI," kata Gatot.

Lebih lanjut Gatot mengatakan, Menpora Imam Nahrawi sudah memerintahkan adanya perhatian khusus untuk Timnas U-16. Apalagi, tim berjuluk Garuda Asia itu bakal berlaga di Piala AFC U-16 pada September mendatang. Tidak hanya untuk U-16. Tim nasional U-19 juga dibantu oleh Kemenpora.

"Sesuai arahan Menpora sesungguhnya untuk U-16 dan U-19 tahun ini juga harus difasilitasi selain untuk Asian Games. Oleh karenanya, Kemenpora akan tetap mengupayakan fasilitasi bantuan, apalagi Timnas U-16 sebentar lagi akan berlaga di kejuaraan Asia," ujar Gatot.

Selain itu, Kemenpora juga bakal memberikan bonus kepada para punggawa Garuda Asia sebagai bentuk apresiasi. Khusus pemain Timnas U-16 yang berasal dari Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) akan mendapatkan uang senilai Rp 200 juta.

"Sebagai bentuk apreasiasi pemerintah terhadap prestasi atlet-atlet yang sebagian berasal dari PPLP yang menjadi pemain di U-16 (sejauh ini terdata ada lima pemain) akan diberikan penghargaan sebesar Rp 200 juta," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand di partai final lewat adu penalti, Jumat (11/8/2018). Adu penalti setelah kedua tim bermain sama kuat dengan skor 1-1.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS