Babak 64 Besar Piala Indonesia, PSSI Soroti Venue Pertandingan

Arsito Hidayatullah | Adie Prasetyo Nugraha
Babak 64 Besar Piala Indonesia, PSSI Soroti Venue Pertandingan
Joko Driyono saat bersama Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria dalam jumpa pers. (Suara.com/Adie Prasetyo)

"Babak 64 Besar (Piala Indonesia) ini kualitas stadion jadi hal yang mutlak," kata Waketum PSSI Joko Driyono.

Suara.com - Babak 64 Besar Piala Indonesia 2018 akan bergulir pada pertengahan November hingga Desember mendatang. PSSI selaku penyelenggara bakal menyoroti venue pertandingan yang akan digunakan.

Hal itu karena tim dengan kasta terendah otomatis bakal menjadi tuan rumah di babak 64 Besar jika bertemu dengan tim dengan kasta lebih tinggi. Contohnya adalah PSCS Cilacap yang akan berhadapan dengan Persib Bandung, atau Bogor FC yang akan menjamu Persija Jakarta.

Dua pertandingan tersebut tentunya akan menghadirkan suporter dengan jumlah yang besar. Oleh karenanya, PSSI meminta tuan rumah untuk mempersiapkan diri mencari venue pertandingan yang cocok.

"Babak 64 Besar ini kualitas stadion jadi hal yang mutlak. Kasta terbawah otomatis menjadi tuan rumah, oleh karenanya ini menjadi concern, sebab animo Piala Indonesia sangat tinggi," kata Joko Driyono seusai acara Drawing Babak 64 Besar Piala Indonesia, Sabtu (10/11/2018).

"Maka penyelenggaraannya yang dimungkinkan fans bakal datang banyak, misal kaya (Persijap) Jepara dan PSIS (Semarang), ada Bogor FC vs Persija, ada PSCS Cilacap dengan Persib Bandung, kita yakin pertandingan ini penontonnya tinggi," tambahnya.

"Ini harus jadi concern PSSI dan klub peserta, khususnya tuan rumah, agar diantisipasi sebaik-baiknya. Agar kualitas tetap diiringi dengan penyelenggaraan yang baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokdri memastikan bahwa penyelenggaraan Piala Indonesia tidak akan mengganggu gelaran Liga 1 2018 ataupun Liga 2 yang sedang memasuki masa krusial. PSSI menurutnya telah menyusun jadwal sedemikian rupa, agar keduanya tidak saling bentrok dalam hal persiapan.

"Ini seni tersendiri, tantangan tersendiri, tapi itu justru menjadi daya tarik Piala Indonesia. Kita tahu, Liga 1 misalnya, sedang menyisakan beberapa pertandingan," ujarnya.

"Untuk tim-tim (Liga 1 2018) yang mengakhiri pertandingan di tanggal 9 Desember yang akan datang, PSSI membuat jadwal sedemikian rupa agar saat pertandingan di pertengahan November-Desember tetap bisa disinkronkan untuk kepentingan tampil di Liga dan Piala Indonesia," pungkas Jokdri.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS