Valverde: Coutinho Harus Berjuang untuk Mendapat Posisi

Syaiful Rachman
Valverde: Coutinho Harus Berjuang untuk Mendapat Posisi
Pemain Barcelona Philippe Coutinho berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan fase grup Liga Champions [AFP]

Musim ini Coutinho kalah bersaing dengan Ousmane Dembele.

Suara.com - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde berharap Philippe Coutinho terus berjuang untuk mendapatkan posisi di tim inti. Hal itu diungkapkan Valverde usai Barcelona ditumbangkan Levante di leg pertama babak 16 besar Piala Raja atau Copa del Rey.

Dalam pertandingan yang berlangsung Jum'at (11/1/2019), Barcelona secara mengejutkan takluk dengan skor 2-1. Erick Cabaco dan Borja Mayoral masing-masing mencetak gol kemenangan Levente di menit ke-4 dan 18.

Sementara itu satu-satunya gol balasan Barcelona di Estadio Ciudad de Valencia dicetak oleh Coutinho lewat titik penalti di menit 85.

Pertandingan kontra Levante menjadi pertandingan domestik pertama Coutinho sejak 2 Desember 2018. Sebagaimana diketahui, Coutinho musim ini kalah bersaing dengan Ousmane Dembele untuk mendapatkan tempat dalam starting line-up.

Pemain Barcelona Philippe Coutinho rayakan golya bersama Andres Iniesta [AFP]
Pemain Barcelona Philippe Coutinho rayakan golya bersama Andres Iniesta [AFP]

"Ketika Dembele tidak bermain, semua orang bertanya kepada saya tentang Coutinho," kata Valverde.

"Sekarang Dembele bermain dan Coutinho tidak. Ketika semuanya bermain dan anda tidak bahagia, anda tentu harus berupaya mengubah situasi. Pertandingan hari ini gambaran dari semua itu," sambungnya seperti dikutip Scoresway.

"Coutinho adalah pemain hebat yang telah dan akan memberikan kami banyak hal. Begitu pula dengan Dembele."

Di laga kontra Levante, Barcelona tampil tanpa sejumlah pemain andalannya. Seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Gerard Pique dan Jordi Alba.

Pemain Barcelona Ousmane Dembele menghindari kejaran pemain Leganes [AFP]
Pemain Barcelona Ousmane Dembele menghindari kejaran pemain Leganes [AFP]

Untuk mengisi posisi yang ditinggalkan para pemain kuncinya itu, Valverde pun memberi kesempatan ke pemain-pemain muda seperti Juan Miranda, Chumi, dan pemain baru Jeison Murillo.

"Saya memilih pemain yang tersedia. Ini akan menjadi bahan evaluasi kami nanti di saat-saat sulit, seperti di La Liga. Saya tahu memang berisiko, tapi kita harus berani mengambilnya," pungkas pelatih 54 tahun.

Tertinggal agregrat 2-1, Barcelona masih berpeluang untuk membalikkan keadaan di leg kedua. Leg kedua babak 16 besar Copa del Rey antara Barcelona versus Levante akan digelar di Camp Nou pada 28 April 2019.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS