Pemusatan Latihan Terus Berlanjut, Fisik Skuat Timnas U-22 Capai 60 Persen

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Pemusatan Latihan Terus Berlanjut, Fisik Skuat Timnas U-22 Capai 60 Persen
Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto. (Foto: instagram @novarianto30)

Hal ini diungkapkan asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto.

Suara.com - Pemusatan latihan yang dilakoni skuat Timnas Indonesia U-22 terus berlanjut. Skuat Garuda Muda kembali digeber dengan latihan fisik di Senayan, Rabu (23/1/2018), sebagaimana para pemain lebih banyak latihan berlari. 

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22, Nova Arianto mengungkapkan jika para pemain diminta untuk melakukan fartlek atau lari dengan gaya beragam selama 45 menit. Nova mengatakan hal itu perlu dilakukan guna mengetahui kondisi fisik para pemain.

"Selama 45 menit pemain bukan hanya berlari, ada aspek sepakbola juga. Ada lari, lari mundur, ada lompat. Ini semua untuk ketahanan," kata Nova usai memimpin latihan, Rabu (23/1/2019). 

Nova mengatakan jika kondisi fisik para pemain masih perlu ditingkatkan. Pasalnya, sejak dimulainya pemusatan latihan, para pemain tidak dalam kondisi bugar 100 persen. 

Itu karena sebagian besar pemain baru kembali dari libur usai selesainya kompetisi musim 2018. Nova menganggap fisik pemain kembali dari nol lagi.

"Saya lihat daya tahan para pemain setelah dari klub melewati pramusim, jadi masih dalam masa transisi. Sehingga kondisi pemain mulai lagi dari nol," ucapnya. 

"Peningkatan sudah cukup baik, setelah melewati tiga pekan pemusatan latihan, daya tahan pemain sudah 50-60 persen. Semoga lebih baik ketika Piala AFF nanti," jelas eks fullback Persib tersebut. 

Pada pemusatan latihan minggu ketiga ini, skuat Timnas Indonesia u-22 memang sudah mulai memasuki persiapan untuk Piala AFF U-22 2019. Ajang tersebut akan mulai digelar pada 17 Februari mendatang di Kamboja. 

Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan tuan rumah Kamboja, Myanmar, Singapura, dan Malaysia. Meski demikian, Singapura dikabarkan mundur dari kompetisi antar negara Asia Tenggara itu.

Latihan Timnas Indonesia U-22 sendiri memang masih dipimpin Nova, lantaran pelatih kepala Indra Sjafri kini tengah berada di Spanyol untuk mengikuti kursus kepelatihan Lisensi Pro AFC di Spanyol.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS