Bersiap Hadapi Lyon, Barcelona Belajar Banyak dari Mimpi Buruk Musim Lalu

Rully Fauzi
Bersiap Hadapi Lyon, Barcelona Belajar Banyak dari Mimpi Buruk Musim Lalu
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. [JEFF PACHOUD / AFP]

Menurut pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, timnya telah belajar banyak dari kegagalan saat menghadapi AS Roma di babak perempatfinal pada Liga Champions musim lalu.

Suara.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mewanti-wanti pasukannya untuk tak lengah dan berkonsentrasi penuh saat menjalani laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019.

Valverde akan memimpin anak-anak asuhnya bertandang ke markas Olympique Lyon, Groupama Stadium, Rabu (20/2/2019) dini hari WIB nanti.

Menurut Valverde, Lionel Messi dan kawan-kawan sudah belajar banyak dari pengalaman pahit di Liga Champions musim lalu, ketika di luar dugaan disingkirkan AS Roma di fase perempatfinal.

Barcelona sejatinya telah menginjakkan satu kaki mereka di semifinal Liga Champions 2017/2018 setelah menang besar 4-1 di Camp Nou pada leg pertama.

Sayang seribu sayang, entah karena lengah atau memandang sebelah mata sang lawan, Barca dipermalukan 0-3 saat bertandang ke Stadio Olimpico pada leg kedua, yang membuat Blaugrana harus rela tersingkir di babak delapan besar. Ya, AS Roma berhak lolos ke semifinal dengan keunggulan gol tandang.

Kini, Barca asuhan Valverde akan kembali beraksi di fase gugur Liga Champions dengan bertandang ke markas Lyon. Valverde pun mengingatkan pasukannya untuk sama sekali tak memandang remeh klub Prancis itu.

"Pelajaran dari Roma adalah Anda tidak boleh lengah. Anda menganggap enteng lawan di kompetisi ini (Liga Champions), maka Anda akan mendapat hukuman yang masif dan sangat menyakitkan. Tapi, saya pikir para pemain telah belajar banyak dari pengalaman pahit musim lalu," celoteh Valverde seperti dimuat laman resmi UEFA.

"Di leg pertama, Anda benar-benar harus waspada. Kami jelas sudah menyadari ini. Ketika kami melawan Roma, semua orang mengatakan mereka lawan lemah, yang mana itu tidak membantu kami," ujar eks entrenador Athletic Bilbao tersebut.

"Kami ingin bermain karena kami sudah menunggu lama untuk pertandingan semacam ini, dan kami tentunya akan berada di bawah tekanan karena kami tahu antusiasme fans tuan rumah. Tapi kami sudah siap tempur untuk laga ini," tegasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS