Piala AFF U-18: Timnas Indonesia Habisi Brunei dengan Setengah Lusin Gol

Syaiful Rachman
Piala AFF U-18: Timnas Indonesia Habisi Brunei dengan Setengah Lusin Gol
Pesepakbola Indonesia Khairul Imam Zakiri (tengah) bersama rekannya Sadam Gaffar (kiri) dan Bagus Kahfi melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Brunei Darussalam saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Binh Duong di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.

Mengantongi sembilan poin, timnas Indonesia semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-18 2019.

Suara.com - Kemenangan kembali diraih timnas Indonesia. Menghadapi Brunei Darussalam di laga ketiga Grup A Piala AFF U-18, Sabtu (10/8/2019), di Stadion Binh Duong, Garuda Nusantara menang telak dengan enam gol berbalas satu.

Jalannya Pertandingan

Menghadapi Brunei Darussalam, tidak dibutuhkan waktu lama bagi timnas Indonesia untuk memecah kebuntuan. Menekan sejak peluit kick off dibunyikan, tim besutan Fakhri Husaini hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk mengubah papan skor.

Adalah Bagus Kahfi yang membuka keunggulan bagi Garuda Nusantara. Menerima umpan dari Rendy Juliansyah, Bagus yang tidak terkawal di sisi kanan berhasil menundukkan penjaga gawang Brunei, Riyan Aiman Jali, dengan mudah.

Unggul satu gol, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, memasuki menit ke-10 peluang emas didapat Garuda Nusantara lewat titik penalti setelah Bagus dijatuhkan Zinin di kotak terlarang. Rendy yang maju sebagai algojo dengan tenang mengelabui Riyan. Indonesia memimpin 2-0.

Tertinggal dua gol, Brunei mencoba bangkit. Tekanan coba dilancarkan, namun mereka kerap kehilangan bola di lini tengah.

Pesepakbola Indonesia Bagus Kahfi (kiri) berusaha melewati penjaga gawang Brunei Darussalam Muhammad Riyan (kanan) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Binh Duong di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.
Pesepakbola Indonesia Bagus Kahfi (kiri) berusaha melewati penjaga gawang Brunei Darussalam Muhammad Riyan (kanan) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Binh Duong di Provinsi Binh Duong, Vietnam, Sabtu (10/8/2019). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/ama.

Seakan kalah kelas, para pemain Brunei pun tidak mampu berbuat banyak ketika Rendy meliuk-liuk mengacaukan konsentrasi pertahanan lawan dari sisi kiri. Bola dikirimkan ke depan kotak penalti Brunei yang langsung disambar oleh Beckham Putra. Riyan mampu menebak arah bola namun tak mampu menjangkau Si Kulit Bundar yang akhir bersarang di sisi kanan gawang. Indonesia menjauh 3-0 di menit 26.

Sembilan menit berselang, gawang Riyan Aiman Jali kembali bergetar. Menyambut umpan lambung Saddam, tandukkan Zakiri mengubah papan skor menjadi 4-0.

Memasuki menit 43, pesta gol Indonesia berlanjut. Menyambar umpan tarik Bagus Kahfi, Rendy mencetak gol keduanya dalam laga ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 5-0.

Dua menit bola bergulir di babak kedua, Indonesia nyaris menambah keunggulan seandainya saja bola yang disepak Beckham tidak disapu Aisan di garis gawang.

Keasyikan menyerang, Garuda Nusantara kecolongan di menit 60. Lepas dari perangkap off side, Hilmi berhasil memangkas jarak menjadi 5-1.

Namun, gol tersebut seakan tidak berarti setelah Indonesia menggenapkan kemenangan dengan setengah lusin gol di menit 76 lewat sontekan Saddam. Skor 6-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:
Indonesia U-18: Muhammad Adi Satrio (GK), Yudha, Fadhil, Ridho, Bayu, Theo Rendy, Beckham, Zakiri, Saddam, Bagus Kahfi.

Brunei U-18: Riyan (GK), Khalid, Zinin, Aiman, Syafiq, Maverick, Roslan, Zaidi, Nazhan, Emzah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS