Rahmad Darmawan Bantah Tira-Persikabo Tumbang Karena Absennya Osas Saha

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Rahmad Darmawan Bantah Tira-Persikabo Tumbang Karena Absennya Osas Saha
Pesepak bola Tira Persikabo Osas Saha (kiri) menguasai bola di bayangi pesepak bola Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa (kanan) dalam laga Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/7/2019). Pada babak pertama Tira Persikabo unggul dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Rekor tidak terkalahkan Tira-Persikabo di 13 laga diputus Bali United.

Suara.com - Pelatih Tira-Persikabo Rahmad Darmawan membantah absennya Osas Saha menjadi penyebab kekalahan timnya dari Bali United. Seperti diberitakan sebelumnya, Tira-Persikabo dikalahkan Bali United 2-1 pada pekan ke-14 Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (15/8/2019).

RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan memang sengaja tidak membawa Osas Saha karena masih menjalani tahap pemulihan cedera. Mantan pelatih Persija Jakarta itu enggan mengambil risiko dengan memaksakan Osas bermain.

Osas sendiri mengalami cedera saat menjalani latihan, sebelum pertandingan melawan Barito Putera pada 9 Agustus lalu. Saat melawan Barito Putera dengan hasil kemenangan 4-2 itu, pemain naturalisasi tersebut tidak dimainkan.

"Osas saha sudah tidak kita mainkan saat kita tandang lawan Barito Putera dan memang riskan untuk saya memaksakan Osas Saha main hari ini. Tentu ada banyak pertandingan dan saya harus mementingkan juga kondisi pemain," kata RD dalam jumpa pers usai pertandingan.

"Saya katakan bukan karena itu (absennya Osas Saha), tapi karena jujur hari ini Bali United sangat siap sekali dengan cara kita bermain. Mereka melakukan satu strategi yang menurut saya efektif," jelasnya.

Lebih lanjut, RD juga mulai membiasakan bermain tanpa diperkuat oleh Osas Saha. Pasalnya, pemain kelahiran Nigeria itu dipanggil oleh pelatih Simon McMenemy untuk memperkuat timnas Indonesia.

Dua pesepak bola Tira Persikabo menempel ketat pesepak bola Bali United Ilija Spasojevic (tengah) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Tira Persikabo kalah dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.
Dua pesepak bola Tira Persikabo menempel ketat pesepak bola Bali United Ilija Spasojevic (tengah) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Tira Persikabo kalah dengan skor 1-2. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

Osas akan mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia pada 21 Agustus mendatang untuk persiapan menghadapi Malaysia (5 September 2019) dan Thailand (10 Agustus 2019) di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Inilah risiko yang kita harus juga hadapi, dan saya pikir saya harus menyiapkan juga beberapa pemain yang kita punya untuk siap bermain, dan contoh hari ini, Roni (Sugeng) dalam dua pertandingan ini mudah-mudahan bisa terus berkembang dan bisa terus membaik. Juga pemain yang lain tidak hanya Roni, semua pemain harus siap," pungkasnya.

Kalah di pekan ke-14, rekor tidak terkalahkan Tira-Persikabo di 13 pertandingan terputus. Tidak hanya itu, Tira-Persikabo juga gagal mempertahankan posisi puncak klasemen.

Mengantongi 29 poin dari 14 laga, Tira-Persikabo turun satu peringkat ke posisi dua. Sedangkan Bali United yang mendapat tambahan tiga poin, pekan ini beranjak ke puncak klasemen dengan koleksi 31 poin dari 13 laga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS