Ada Peran Liverpool di Balik Transfer Coutinho ke Bayern Munchen

Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Ada Peran Liverpool di Balik Transfer Coutinho ke Bayern Munchen
Gelandang Bayern Munich, Philippe Coutinho. [UWE KRAFT / AFP]

Countinho meminta saran dari pemain Liverpool sebelum gabung Bayern Munchen.

Suara.com - Phillipe Coutinho resmi menjadi bagian Bayern Munchen pada musim 2019/2020. Namun, di balik keputusan tersebut, ternyata ada peran dari sosok-sosok penting di Liverpool.

Coutinho tengah dipinjamkan Barcelona ke Bayern Munchen. Gelandang asal Brasil itu dikontrak selama satu musim dengan mahar peminjaman 8,5 juta euro (Rp 131,5 miliar).

Bukan perkara mudah bagi Coutinho untuk menjatuhkan pilihan kepada Bayern Munchen. Sebab, selain raksasa Jerman itu, ia diisukan diminati klub besar Eropa lainnya, seperti Liverpool, Manchester United, dan PSG.

Namun, setelah memita saran dari striker Liverpool, Roberto Firmino, Coutinho akhirnya mantap memilih Bayern Munchen. Seperti diketahui, Firmino pernah bermain di Bundesliga bersama Hoffenheim selama empat setengah tahun.

"Saya berbicara kepada Roberto Firmino tentang intensitas Bundesliga dan ketatnya persaingan di Jerman. Ia memberi saya banyak masukan soal perbedaan tim-tim yang ada di Bundesliga," kata Coutinho kepada SportBild.

"Saya bermain di Liverpool selama beberapa waktu, dan saya menyadari sejak pertama kali turun bersama Bayern, jika pertandingan di Jerman sama intensnya dengan di Inggris, lebih dari permainan di Spanyol dan Brasil. Hal itu bagus untuk saya," imbuhnya.

Keputusan Coutinho juga mendapat dukungan dari mantan manajernya di Liverpool, Jurgen Klopp. Klopp gembira Coutinho memutuskan untuk melanjutkan kariernya di negara asalnya, Jerman.

"Klopp mengirimkan pesan kepada saya dan berharap semoga saya sukses di sana. Ia mengatakan jika Bayern adalah klub besar dan Bundesliga adalah liga yang hebat, ia senang saya bisa bermain di sana," tegas Coutinho.

Coutinho pernah bersinar selama lima setengah musim membela Liverpool. Namun, sinarnya mulai meredup ketika bermain untuk Barcelona sejak musim 2017/2018. Kondisi itu membuat dirinya akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munchen.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS