Cetak Gol Kemenangan Manchester United, Mason Greenwood Ukir Rekor Spesial

Rully Fauzi
Cetak Gol Kemenangan Manchester United, Mason Greenwood Ukir Rekor Spesial
Penyerang belia Manchester United, Mason Greenwood (kiri) merayakan golnya ke gawang Astana bersama fullback Diogo Dalot, dalam laga Liga Champions 2019/2020 di Old Trafford, Manchester, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Sang wonderkid mencetak gol kemenangan Manchester United di laga Liga Europa dini hari tadi.

Suara.com - Manchester United harus bersusah payah untuk bisa meraih kemenangan di matchday pembuka Liga Europa 2019/2020.

Menjamu tim antah-berantah asal Kazakhstan, Astana di Old Trafford pada laga matchday 1 Grup L, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB, Man United hanya bisa menang dengan skor tipis 1-0.

Gol tunggal sekaligus gol kemenangan The Red Devils --julukan Man United-- diciptakan sang wonderkid, Mason Greenwood pada menit ke-73.

Penyerang belia Manchester United, Mason Greenwood. [Oli SCARFF / AFP]
Penyerang belia Manchester United, Mason Greenwood melakukan selebrasi usai membobol gawang Astana pada laga Liga Europa 2019/2020 di Old Trafford, Manchester, Jumat (20/9/2019) dini hari WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Pada laga ini, pelatih Man United Ole Gunnar Solskjaer memang praktis menurunkan tim keduanya.

Rotasi ekstrem dilakukan, sebagaimana sembilan pemain yang masuk starting XI saat mengalahkan Leicester City 1-0 di Old Trafford pada lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu, diistirahatkan.

Sebagai gantinya, Solskjaer menurunkan pemain-pemain lapis kedua macam Sergio Romero, Fred Rodrigues, Marcos Rojo, Phil Jones, serta sederet youngster mulai dari Greenwood, Diogo Dalot, Axel Tuanzebe, Tahith Chong, hingga Angel Gomes.

Benar-benar dibuat frustrasi oleh pertahanan gerendel nan berlapis Astana, beruntung Greenwood, penyerang jebolan akademi Man United yang baru berusia 17 tahun, muncul sebagai pemecah kebuntuan The Red Devils kali ini.

Tak hanya mencetak gol kemenangan Man United, penyerang yang sudah jadi pilar Timnas Inggris U-21 meski baru berusia 17 tahun itu juga mencatatkan namanya dalam buku sejarah.

Sang wonderkid resmi mengukir rekor spesial. Bukan hanya satu, namun tiga rekor prestisius!

Menurut data Opta, penyerang kelahiran Oktober 2001 itu menjadi pemain kelahiran tahun 2000-an pertama yang sukses mencetak gol untuk tim utama Man United di laga kompetitif.

Tak hanya itu, Greenwood juga berhasil mematahkan rekor Marcus Rashford, yang notabene juga merupakan penyerang jebolan akademi Man United dan jadi rekan setimnya di tim utama The Red Devils saat ini.

Menurut catatan Squawka Football, Greenwood (17 tahun, 353 hari) resmi menjadi pemain termuda Man United yang sanggup mencetak gol di kompetisi Eropa.

Sebelumnya, rekor ini dipegang Rashford kala melakoni breakthrough ke tim senior Man United pada Januari 2016, di mana kala itu ia juga mencetak gol di pentas Liga Europa. Saat itu Rashford berusia 18 tahun, 117 hari.

Masih belum cukup, Greenwood juga tercatat menjadi pemuda 17 tahun pertama yang sukses mencetak gol untuk Man United di kompetisi antarklub Eropa, dalam 141 tahun sejarah klub!

We salute you, Mason!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS