Sia-siakan Banyak Peluang Bagus, Man United Tetap Tundukkan Brighton 3-1

Rully Fauzi
Sia-siakan Banyak Peluang Bagus, Man United Tetap Tundukkan Brighton 3-1
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (kanan) merayakan golnya ke gawang Brighton bersama rekan-rekannya dalam laga pekan ke-12 Liga Inggris 2019/2020 di Old Trafford, Minggu (10/11/2019) malam WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Manchester United menundukkan Brighton 3-1 dalam laga Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (10/11/2019) malam WIB.

Suara.com - Manchester United sukses menundukkan sang tamu, Brighton dalam laga pekan ke-12 Liga Inggris 2019/2020 di Old Trafford, Minggu (10/11/2019) malam WIB.

Meski membuang begitu banyak peluang bagus, terlebih di babak kedua, Man United tetap mampu menang dengan skor 3-1 atas Brighton.

Andreas Pereira dan Marcus Rashford memenangkan Man United dibantu gol bunuh diri Davy Propper, sedangkan Brighton hanya bisa membalas lewat Lewis Dunk.

Kemenangan itu pun mengangkat posisi Man United besutan Ole Gunnar Solskjaer naik ke peringkat ketujuh klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020 dengan koleksi 16 poin dari 12 pertandingan, termasuk melompati Brighton (15 poin) yang kini melorot ke peringkat ke-11.

Statistik pertandingan menunjukkan Man United total melepas 21 percobaan tembakan, dengan 11 yang on target. Namun, memang hanya tiga gol yang bisa dilesakkan The Red Devils --julukan Man United.

Sementara itu, Brighton cuma bisa mencatatkan enam percobaan tembakan sepanjang pertandingan, dengah hanya dua yang mengarah ke gawang Man United.

Yang menarik, Man United kalah jauh dari Brighton dalam aspek penguasaan bola meski bermain di kandang sendiri, yakni 43 persen berbanding 57 persen.

Jalannya Pertandingan

Laiknya pertandingan-pertandingan lain di Old Trafford, Man United berusaha tampil menekan sejak kick-off.

Namun, peluang pertama yang lahir dari aksi Rashford masih bisa diamankan kiper Brighton Mathew Ryan pada menit ke-15.

Dua menit kemudian, Man United membuka keunggulan kala Anthony Martial mengirimkan umpan tarik yang diselesaikan dengan tembakan Pereira.

Bola sempat berbelok mengenai bek Brighton, Dale Stephens sebelum mengecoh Ryan serta bersarang ke dalam gawang.

Keunggulan Man United cepat berganda pada menit ke-19 ketika umpan silang Fred berusaha diteruskan oleh Harry Maguire ke arah Scott McTominay, namun bola dipotong oleh Propper.

Alih-alih mengamankan situasi, Propper malah menyarangkan bola ke dalam gawangnya sendiri. Man United unggul 2-0 atas Brighton.

Empat menit jelang turun minum, Brighton hampir memperkecil ketertinggalannya saat memperoleh situasi tendangan bebas di area sayap kanan.

Leandro Trossard mengirimkan tendangan bebas yang berhasil ditemui sundulan Aaron Connoly. Sayang bola masih melenceng dari sasaran, yang menjaga keunggulan 2-0 Man United hingga babak pertama usai.

Memasuki paruh kedua, Brighton berusaha bangkit namun kesulitan menciptakan serangan-serangan yang mematikan.

Gawang mereka malah terancam oleh tendangan kaki kiri jarak jauh Fred yang memaksa Ryan melakukan penyelamatan pada menit ke-62.

Dua menit berselang, Brighton akhirnya memperoleh gol balasan ketika Dunk berhasil mengalahkan Maguire dalam duel udara, demi menanduk bola sepak pojok kiriman Pascal Gross.

Skor kini 2-1, Man United sukses merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit ke-66 saat Martial berhasil menjaga keseimbangannya dari jegalan Dunk, sebelum mengirimkan umpan tarik yang diselesaikan sempurna oleh Rashford.

Gol itu melecut semangat tuan rumah yang terus menekan Brighton di sisa waktu babak kedua. Sejumlah peluang bagus, bahkan peluang emas didapat, namun Man United tak kunjung mendapatkan gol keempat mereka.

Rashford praktis menjadi sorotan. Meski berhasil mencetak satu gol, namun finishing buruk penyerang berusia 22 tahun itu membuat beberapa kans bagus Man United untuk mencetak gol tambahan terbuang sia-sia.

Pun demikian, tiga poin penuh tetap berhasil diamankan oleh Man United kala peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Brandon Williams (Marcos Rojo); Scott McTominay, Fred; Daniel James, Andreas Pereira (Jesse Lingard), Marcus Rashford (Mason Greenwood); Anthony Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Brighton (4-4-2): Mathew Ryan; Martin Montoya (Solomon March), Lewis Dunk, Shane Duffy, Daniel Burn; Steven Alzate, Davy Proepper, Dale Stephens, Leandro Trossard (Pascal Gross); Neal Maupay, Aaron Connolly (Glenn Murray).

Pelatih: Graham Potter (Inggris)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS