alexametrics

PT LIB: Lanjutan Liga 1 2020 Hampir Pasti Tanpa Penonton

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
PT LIB: Lanjutan Liga 1 2020 Hampir Pasti Tanpa Penonton
Logo Liga 1 2020. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

Hal ini diutarakan Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno.

Suara.com - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Sudjarno menyatakan besar kemungkinan atau hampir pasti laga-laga lanjutan Liga 1 2020 akan digelar secara tertutup tanpa penonton di stadion. PT LIB sendiri merupakan operator kompetisi Liga 1.

Seperti diketahui, sebelumnya PSSI memang telah memutuskan bahwa Liga 1 2020 akan kembali digulirkan pada bulan September atau Oktober mendatang, setelah tertangguhkan sejak Maret 2020 lalu imbas pandemi COVID-19.

"Kelihatannya opsinya tanpa penonton, hampir bisa dipastikan ya. Nanti juga akan ada perubahan regulasi untuk menyesuaikannya," ucap Sudjarno.

Meski telah memastikan kelanjutan Liga 1 2020, PSSI memang masih belum mengumumkan regulasi yang akan dipakai.

Baca Juga: Inter Milan Masih Ramaikan Persaingan Scudetto, Antonio Conte Puas

Namun, otoritas tertinggi sepakbola Tanah Air itu telah memberikan gambaran soal kompetisi yang dilanjutkan di tengah pandemi.

Sebut saja penghapusan degradasi, kompetisi terpusat di Pulau Jawa, mewajibkan pemain U-20, serta menaikkan uang subsidi, serta tetap ada dua tim yang promosi dari Liga 2.

"Regulasi sedang disusun, termasuk regulasi penghapusan degradasi," kata Sudjarno.

"Kalau nanti ada regulasi baru, misalnya dari Liga 2 ada dua tim yang promosi berarti Liga 1 musim berikutnya kompetisi diikuti 20 tim (dari yang biasanya 18 tim)," sambungnya. 

Lebih lanjut, Sudjarno menyebut perubahan-perubahan regulasi nanti harus disahkan dalam Kongres Tahunan PSSI. Namun, untuk saat ini PT LIB masih menunggu regulasi terbaru dari PSSI. 

Baca Juga: Kemungkinan Restart Awal Oktober, Liga 1 2020 Baru Rampung Februari 2021

"Regulasi itu nanti harus diatur lagi di Kongres Tahunan PSSI," pungkasnya.

Komentar