alexametrics

Bima Sakti: UEA Seperti Arab Saudi, Brasil dari Asia

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Bima Sakti: UEA Seperti Arab Saudi, Brasil dari Asia
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. [dok. PSSI]

Timnas Indonesia U-16 akan kembali menghadapi UEA pada Sabtu (24/10/2020).

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengakui Uni Emirat Arab (UEA) sebagi lawan yang tangguh. Bahkan, ia menyebut gaya UEA seperti Arab Saudi yang merupakan Brasil dari Asia.

Timnas U-16 melawan UEA dua kali pada pertandingan uji coba. Pada pertemuan pertama Garuda Asia --julukan Timnas Indonesia U-16-- takluk 2-3 pada 21 Oktober lalu.

Pertemuan berikutnya akan tersaji pada Sabtu (24/10/2020). Bima bertekad timnya bermain lebih baik dari pertemuan sebelumnya.

"Kalau bisa dikatakan (UEA) itu seperti Arab Saudi, mereka Brasil dari Asia," kata Bima Sakti dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Jumat (24/10/2020).

Baca Juga: Timnas Indonesia U-16 vs UEA, Bima Sakti Sudah Kantongi Kekuatan Lawan

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin anak-anak asuhannya berlatih jelang menghadapi UEA pada pertandingan uji coba internasional. (dok. PSSI)

Sebagai tim dari Timur Tengah, UEA punya gaya bermain yang khas. Postur tubuh dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain UEA.

"Mereka memanfaatkan postur tubuh ya, mereka memiliki pemain yang berpostur tubuh tinggi sehingga banyak melakukan crossing, kemudian mereka juga memiliki skill yang bagus," tambah Bima Sakti.

"Jadi saya pikir hampir sama semua mereka gayannya dengan bill up juga. Jadi kita harus antisipasi kelebihan mereka," pungkas mantan pemain Persiba Balikpapan itu.

Timnas Indonesia U-16 sedang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-16 yang dijadwalkan bergulir tahun depan. Di kejuaraan tersebut Pasukan Merah Putih berada di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Cina.

Uji coba internasional melawan UEA ini menjadi bagian dari persiapannya. Sebab, Timnas U-16 diharapkan bisa lolos sampai ke semifinal agar tampil di Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Baca Juga: Pemain Timnas U-16 Ini Ingin Hasil Lebih Baik di Laga Kedua Kontra UEA

Komentar