alexametrics

Mengamuk di Babak Kedua, Italia Gilas Turki 3-0 di Laga Pembuka Euro 2020

Rully Fauzi
Mengamuk di Babak Kedua, Italia Gilas Turki 3-0 di Laga Pembuka Euro 2020
Penyerang Timnas Italia, Ciro Immobile (kanan) merayakan golnya ke gawang Turki dalam laga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [Filippo MONTEFORTE / POOL / AFP]

Timnas Italia menang telak di laga perdana Grup A Euro 2020.

Suara.com - Perhelatan Euro 2020 dibuka dengan partai Turki vs Italia dari Grup A. Sempat kesulitan di babak pertama, Italia mengamuk di babak kedua untuk mengamankan kemenangan telak 3-0 atas Turki.

Sampai babak pertama berakhir, kedudukan masih imbang 0-0 pada laga yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Di 45 menit babak pertama, Timnas Italia praktis sangat mendominasi laga dan lebih banyak melancarkan serangan-serangan.

Akan tetapi, skuad Gli Azzuri masih kebingungan menembus pertahanan berlapis Timnas Turki yang tampil ultra-defensif, sebagaimana duet bek tengah; Merih Demiral dan Caglar Soyuncu main super disiplin, yang dibantu juga gelandang jangkar Okay Yokuslu.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dihabisi UEA 0-5 di Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Dunia

Di babak pertama, Italia mencatatkan 14 percobaan tembakan berbanding 0 milik Turki! Meski demikian, memang hanya ada tiga tembakan yang mengarah ke gawang.

Gli Azzurri juga mendominasi 68 persen ball possession, berbanding 32 persen milik Turki.

Well, ceritanya berbeda 180 derajat di babak kedua. Tak patah arang dan tetap ngotot dalam melancarkan serangan, Italia sukses memberondong gawang Turki tiga kali tanpa balas.

Gol-gol Italia lahir dari bunuh diri Merih Demiral pada menit ke-53, Ciro Immobile (66'), serta Lorenzo Insigne (79').

Dengan kemenangan ini, Italia pun kukuh di puncak klasemen Grup A dengan poin 3 dan selisih gol +3. Sementara Turki terbenam di dasar klasemen dengan nirpoin dan selisih gol -3.

Baca Juga: Deretan Pesepakbola yang Kena COVID-19 Jelang Euro 2020

Laga matchday 1 Grup A lainnya akan mempertemukan Wales kontra Swiss pada Sabtu (12/6/2021) malam ini pukul 20.00 WIB di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan.

Pada laga kedua, Turki akan bertemu Wales pada 16 Juni nanti, sementara Italia berjumpa dengan Swiss pada 17 Juli 2021. 

Jalannya Pertandingan

Di Stadio Olimpico, di 10 menit pertama, Italia praktis mengurung habis pertahanan Turki. Meski demikian, peluang emas baru berhasil dicipatakan Italia pada menit ke-22.

Bek veteran sekaligus kapten tim, Giorgio Chiellini yang bebas berdiri di area penalti mampu menyundulkan bola ke bagian tengah atas gawang.

Namun, kiper Turki, Ugurkan Cakir membuat penyelamatan gemilang sebagaimana ia men-tip bola ke atas mistar gawang.

Sampai menit ke-30, Italia terus mendominasi dengan menciptakan delapan peluang. Namun dari delapan peluang, itu hanya satu yang benar-benar tepat mengarah ke gawang Turki.

Gelandang Timnas Italia, Manuel Locatelli (tengah) berebut bola dengan gelandang Turki, Yusuf Yazici (kanan) pada laga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP]
Gelandang Timnas Italia, Manuel Locatelli (tengah) berebut bola dengan gelandang Turki, Yusuf Yazici (kanan) pada laga Grup A Euro 2020 di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB. [ALBERTO LINGRIA / POOL / AFP]

Sementara dari kubu Turki, pasukan Senol Gunes itu tampak kebingungan saat mendapatkan kans untuk menyerang, sebagaimana konsentrasi serta energi mereka tampak sudah terkuras untuk membangun pertahanan yang super solid.

Hingga laga memasuki menit ke-40, Turki bisa dibilang masih belum sanggup menyerang Italia, apalagi melepaskan percobaan tembakan. Yusuf Yazici dan kawan-kawan lebih fokus berada di area pertahanan sendiri, atau lebih tepatnya terkurung di daerah mereka sendiri.

Di sisi lain, Italia terus melancarkan serangan demi serangan, meski percobaan Ciro Immobila dan kolega selalu menemui jalan buntu.

Apa pun itu, hingga babak pertama rampung, skor 0-0 berhasil dijaga Turki. Ya, babak yang benar-benar membuat frustrasi bagi pasukan Italia asuhan Roberto Mancini.

Memasuki babak kedua, tepatnya delapan menit laga berjalan, Italia akhirnya sukses memecah kebuntuan mereka.

Winger Sassuolo, Domenico Berardi melakukan drive di sisi kanan sebelum melakukan cut-back. Bola yang meluncur deras membentur bek Turki, Merih Demiral dan masuk ke gawang sendiri.

Ya, sebuah gol bunuh diri dari Demiral yang ironisnya bermain untuk klub raksasa Italia, Juventus.

Unggul 1-0 tak membuat Italia mengendurkan serangan. 13 menit berselang, striker maut Lazio, Ciro Immobile menggandakan keunggulan Gli Azzurri.

Memanfaatkan bola muntah yang ditepis kiper Turki, Immobile menceploskan bola ke gawang dari dalam kotak penalti.

Italia tak berhenti sampai di situ. Pasukan Roberto Mancini memperlebar keunggulan mereka jadi 3-0 setelah penyerang sayap Napoli, Lorenzo Insigne mencetak gol.

Berawal dari kesalahan elementer kiper Turki yang mencoba melakukan build-up dari belakang, Federico Bernardeschi lantas membagi bola ke Insigne yang berada di kotak 16.

Insigne kemudian melepaskan sepakan melengkung yang menaklukkan kiper Cakir. Finishing yang dingin dari attacker bertubuh mungil itu.

Italia pun menang 3-0 di laga pembuka mereka di Euro 2020.

Susunan Pemain:

Turki XI (4-1-4-1): Cakir; Celik, Demiral, Soyuncu, Meras; Yokuslu; Karaman, Tufan, Yazici, Calhanoglu; Yilmaz.

Pelatih: Senol Gunes (Turki)

Italia XI (4-3-3): Donnarumma; Florenzi, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli; Berardi, Immobile, Insigne. 

Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Komentar