alexametrics

PSSI Buka Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2021 Zona ASEAN

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
PSSI Buka Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2021 Zona ASEAN
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. [Suara.com/Adie Prasetyo]

Hal ini diungkapkan Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Suara.com - PSSI membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFC 2021 untuk zona ASEAN. Sekjen PSSI, Yunus Nusi menyebut saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait wacana ini.

PSSI bergerak karena dua wakil Indonesia, Bali United dan Persipura Jayapura terancam urung tampil di kompetisi antarklub Asia kasta kedua itu.

Ini setelah AFC kesulitan mencari tuan rumah karena situasi pandemi COVID-19 pasca mundurnya Singapura.

Sekjen AFC, Datuk Windsor Paul John menyatakan ada opsi pembatalan jika tak lagi menemui jalan tengah melanjutkan Piala AFC 2021. Tentu ini akan jadi kerugian bagi Indonesia karena akan kehilangan poin di kompetisi antarklub Asia.

Baca Juga: Prediksi Kroasia Vs Skotlandia, Euro 2020 23 Juni: Head to Head, Peluang dan Skor

Yunus Nusi mengaku AFC sudah mengajukan tawaran ke beberapa federasi termasuk PSSI untuk menjadi tuan rumah.

Sama seperti negara lainnya, Indonesia juga tengah dipusingkan dengan pandemi COVID-19. Namun, Yunus menyebut pihaknya tengah melakukan koordinasi agar Piala AFC 2021 zona ASEAN bisa digelar di Indonesia.

PSSI tengah mengupayakan agar Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali bisa menjadi venue.

"Memang ada tawaran dari AFC ke klub untuk menjadi tuan rumah, tetapi saat ini klub masih melihat kondisi COVID-19 di Indonesia," kata Yunus saat dikonfirmasi awak media.

"AFC juga menawarkan ke federasi (PSSI) untuk menyelenggarakan itu. Makanya, ini lagi kami koordinasi dengan teman-teman klub. Harapan kami semoga bisa main di Stadion Kapten I Wayan Dipta," jelasnya.

Baca Juga: Bercengkerama dengan Billy Gilmour, Duo Chelsea di Timnas Inggris Harus Jalani Isolasi

Akan tetapi, rencana PSSI bisa terkendala dengan proses renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta yang belum rampung. Markas Bali United itu tengah direnovasi untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Stadion Kapten I Wayan Dipta belum rampung, masih renovasi. Tapi, ini sedang kami bahas dengan teman-teman klub. Mudah-mudahan Bali United dan Persipura bisa bermain di Kapten I Wayan Dipta," pungkas Yunus.

Adapun Piala AFC 2021 zona ASEAN meliputi oleh Grup G, H dan I. Masing-masing grup diisi oleh empat tim.

Grup G dihuni Hanoi (Vietnam), Bali United (Indonesia), Boeung Ket (Kamboja), dan pemenang play-off.

Adapun Grup H di tempati oleh Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), Saigon (Vietnam), dan Persipura Jayapura (Indonesia).

Sementara Grup I ada Kaya-Iloilo (Filipina), pemenang play-off, Terengganu FC (Malaysia), dan Geylang International (Singapura).

Adapun dalam jadwal yang dirilis AFC, Persipura akan melawan Kedah Darul Aman pada 29 Juni 2021. Sementara itu, Bali United akan menyusul sehari kemudian dengan menghadapi Boeung Ket.

Komentar