facebook

Dibalik Optimisme Tinggi, Inggris Punya Rekor Buruk Kontra Denmark

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Dibalik Optimisme Tinggi, Inggris Punya Rekor Buruk Kontra Denmark
Para pemain Inggris merayakan kemenangan mereka selama pertandingan sepak bola perempat final UEFA EURO 2020 antara Ukraina dan Inggris di Stadion Olimpiade, Roma, pada (3/7/2021). [Alberto PIZZOLI / POOL / AFP]

Dalam dua pertemuan terakhir, Inggris tidak pernah menang atas Tim Dinamit.

Suara.com - Timnas Inggris tengah percaya diri jelang memainkan laga semifinal Euro 2020 kontra Denmark, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Namun di balik itu semua, The Three Lions punya rekor buruk atas Tim Dinamit.

Merujuk data laman 11v11, Inggris dan Denmark sudah 21 kali berjumpa diberbagai ajang dengan torehan 12 kemenangan, lima imbang, dan empat kekalahan.

Menengok catatan itu, Inggris jelas superior atas lawannya, kendati jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir, peta kekuatan kedua tim sa sangatlah berbeda.

Kali terakhir Inggris dan Denmark berjumpa adalah di ajang UEFA Nations League pada 2020 lalu. Dalam dua pertemuan, Tim Tiga Singa tak pernah menang dengan rincian sekali imbang dan sekali kalah.

Baca Juga: Pidato Berapi-api, Anggota Parlemen Inggris Ini Bela Nabi Muhammad

Bahkan pada dua pertemuan yang berlangsung 8 September dan 14 Oktober 2020 itu, tim asuhan Gareth Southgate sama sekali tak mampu mencetak gol.

Kondisi itu disoroti oleh Harry Kane. Hasil dua pertemuan terakhir dijadikannya sebagai alarm agar bisa lebih fokus jelang menghadapi Denmark di semifinal.

Striker Inggris Harry Kane mencetak dua gol saat timnya menang telak 4-0 atas Ukraina di laga perempatfinal Euro 2020, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. (Foto: Ettore FERRARI/AFP)
Striker Inggris Harry Kane mencetak dua gol saat timnya menang telak 4-0 atas Ukraina di laga perempatfinal Euro 2020, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. (Foto: Ettore FERRARI/AFP)

"Denmark adalah tim yang hebat. Kami melawan mereka di Nations League dua kali tahun lalu dan kami tidak memenangkannya," kata Harry Kane dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (7/7/2021).

"Satu pertandingan kalah dan satu imbang. Tetapi kami harus mencoba untuk fokus pada diri kami," pungkas pemain berusia 27 tahun tersebut.

Inggris akan menghadapi Denmark dalam semifinal Euro 2020 di hadapan pendukungnya sendiri, yakni di Stadion Wembley, London. Harry Kane berharap kondisi itu bisa menguntungkan timnya.

Baca Juga: Transformasi Italia, Sempat Jadi Tim Hina Kini Calon Raja Eropa

"Ini adalah semifinal di stadion nasional kami. Tentu kami harus menggunakan semua keuntungan itu untuk memotivasi," kata Kane.

Komentar