alexametrics

Profil Roberto Mancini, Pelatih yang Bawa Italia Bangkit hingga Lolos Final Euro 2020

Rauhanda Riyantama
Profil Roberto Mancini, Pelatih yang Bawa Italia Bangkit hingga Lolos Final Euro 2020
Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini (kanan) memimpin sesi latihan tim jelang laga Grup A Euro 2020 kontra Swiss. [ANDREAS SOLARO / AFP]

Roberto Mancini jadi pelatih yang disorot karena berhasil bawa Italia bangkit dari keterpurukan usai gagal tampil di Piala Dunia 2018.

Suara.com - Timnas Italia secara mengejutkan lolos ke final Euro 2020 untuk menantang Timnas Inggris, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Adalah Roberto Mancini, sosok pelatih di balik ganasnya skuad berjuluk Gli Azzurri.

Profil Roberto Mancini kini pun banyak dicari. Berikut dirangkum tentang eks pelatih Inter Milan hingga Manchester City tersebut.

Kebangkitan Azzurri Mencapai Final Euro 2020

Sosok Roberto Mancini telah membuktikan keraguan setelah membawa Italia lolos ke final Euro 2020. Italia sebelumnya terpuruk hingga dapat mencapai final turnamen besar pertama mereka dalam sembilan tahun ini.

Baca Juga: Agen Geram Ciro Immobile Banjir Kritik di Euro 2020

Pada Euro 2012, Italia terhenti di bakak pertamafinal usai kalah 4-0 dari Spanyol. Kemudian Italia membalas dengan mengalahkan Spanyol di Euro 2020.

Italia bermain imbang 1-1 dengan Spanyol di Stadion Wembley. Kemudian menang dengan skor 4-2 melalui adu penalti.

''Ada permainan di mana Anda harus menderita. Tidak semua bisa semulus kemajuan kita selama ini. Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit,'' kata Mancini, dikutip dari laman resmi UEFA.

''Inilah mengapa para pemain dan semua orang yang bekerja bersama kami selama tiga tahun terakhir layak mendapat pujian besar, karena ini tidak mudah. Hampir tidak ada yang percaya kami bisa melakukannya, namun kami masuk ke final,'' imbuhnya.

Profil Roberto Mancini

Baca Juga: Cuma Jadi Penonton saat Italia Hadapi Inggris, Spinazzola Tegang

Roberto merupakan mantan pesepak bola asal Italia yang saat ini dikenal sebagai pelatih berbagai klub serta Timnas Italia. Mancini menjadi pelatih baru Azzurrri setelah kegagalan Italia di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Ia membangkitkan skuad Gli Azzurri untuk kembali menjadi tim terdepan di semua kompetisi.

Komentar