alexametrics

Bawa Argentina Juara Copa America, Messi Dijagokan Sabet Ballon d'Or Ketujuh

Rully Fauzi
Bawa Argentina Juara Copa America, Messi Dijagokan Sabet Ballon d'Or Ketujuh
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi (tengah) mengangkat trofi juara Copa America 2021. [CARL DE SOUZA / AFP]

"Leo adalah kandidat terkuat, bahkan mungkin kandidat tunggal saya kira," tutur legenda Barcelona, Hristo Stoichkov.

Suara.com - Penyerang legendaris Barcelona, Hristo Stoichkov menjagokan Lionel Messi menyabet trofi Ballon dOr untuk 2021, setelah sang megabintang mengantarkan Timnas Argentina kampiun Copa America, gelar juara perdana Messi di kancah sepakbola internasional bersama negaranya.

Stoichkov menjagokan Messi kembali jadi yang terbaik tahun ini, yang praktis akan jadi gelar Ballon d'Or ketujuh penyerang 34 tahun berjuluk La Pulga itu di sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepakbola.

Lionel Messi dari Argentina mencium trofi setelah memenangkan pertandingan final turnamen sepak bola Copa America Conmebol 2021 melawan Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, pada (10/7/2021). [CARL DE SOUZA / AFP]
Lionel Messi mencium trofi Copa America. [CARL DE SOUZA / AFP]

Stoichkov cukup pede meski di level klub, Messi musim lalu hanya mampu membawa Barcelona meraih satu gelar, itu pun 'cuma' gelar Copa del Rey.

"Leo (Messi) adalah kandidat terkuat untuk Ballon d'Or tahun ini, bahkan mungkin kandidat tunggal saya kira," tutur Stoichkov kepada TMW, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Ingin Pinjam Antoine Griezmann dari Barcelona, Chelsea Siapkan Senjata Rahasia

"Selain Leo, tak ada kandidat lain yang benar-benar kuat untuk memenangi Ballon d'Or 2021. Messi akhirnya memenangi gelar perdananya bersama Argentina. Dia lagi-lagi mencoba mengangkat negaranya di turnamen besar. Ya, seorang diri dan akhirnya kini dia berhasil," sambung eks penyerang Timnas Bulgaria itu.

"Anda mungkin bilang Jorginho (gelandang Chelsea dan Timnas Italia) sebagai kandidat (Ballon d'Or 2021) setelah dia membawa klubnya juara Liga Champions dan Italia juara Euro 2020. Tapi ayolah, dia tidak di level Messi. Sulit membayangkan Jorginho memenangi Ballon d'Or," celoteh Stoichkov.

Mantan pesepak bola Bulgaria Hristo Stoichkov (kanan). AFP PHOTO/TASSO MARCELO
Mantan penyerang Barcelona dan Timnas Bulgaria, Hristo Stoichkov. [AFP PHOTO/TASSO MARCELO]

"Bagaimana pun, Messi tetap luar biasa musim lalu. Dia tetap mencetak 38 gol dan 14 assist untuk Barca (di semua kompetisi), saat rekan-rekan setimnya meredup dan tim kesulitan. Itu adalah fakta yang tak bisa dibantah. Messi layak meraih trofi Ballon d'Or ketujuhnya," pungkasnya.

Selain membawa Argentina merengkuh trofi Copa America 2021, Messi juga keluar sebagai top skor turnamen dan juga terpilih sebagai pemain terbaik.

Untuk trofi Ballon d'Or, Messi sebelumnya telah meraihnya empat kali berturut-turut pada 2009, 2010, 2011 dan 2012. La Pulga juga terpilih sebagai pesepakbola terbaik jagat raya pada 2015 dan 2019.

Baca Juga: Akhiri Kutukan 28 Tahun, Messi Dedikasikan Trofi Copa America untuk Maradona

Dengan enam trofi Ballon d'Or sejauh ini, Messi mengungguli rivalnya, Cristiano Ronaldo yang mengoleksi lima trofi.

Komentar