alexametrics

4 Stadion Bersejarah yang Beri Gelar untuk Timnas Indonesia

Rauhanda Riyantama
4 Stadion Bersejarah yang Beri Gelar untuk Timnas Indonesia
Skuad Timnas Indonesia saat pertandingan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam. (Dok. PSSI).

Deretan stadion ini jadi saksi Timnas Indonesia meraih gelar.

Suara.com - Timnas Indonesia memang tak memiliki daftar panjang gelar juara yang bisa dibanggakan, terutama di level senior. Namun demikian, ada sejumlah prestasi yang mampu ditorehkan skuad Merah Putih dalam buku sejarah. 

Sejarah-sejarah itu tercipta pada lintas generasi dan juga lintas turnamen. Beberapa di antaranya terasa kian manis karena dirayakan di rumah sendiri.

Setidaknya, ada empat stadion di kawasan Asia Tenggara yang menyimpan memori indah penuh sejarah itu. Stadion-stadion tersebut menjadi saksi bisu yang menyaksikan penggawa timnas Indonesia angkat trofi di atas podium juara.

Berikut empat stadion berserjarah yang memberi gelar untuk timnas Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Stadion Toah Pahoe, Stadion Kebanggaan Kalteng

1. Rizal Memoriam Stadium

Stadion Rizal Memorial menyimpan memori indah kejayaan timnas Indonesia di kancah Asia Tenggara.

Sebab, di stadion yang terletak di jantung Ibu Kota Filipina, Manila, itu timnas Indonesia sukses mengangkat trofi SEA Games 1991.

Ketika itu, tim Merah Putih memang diperkuat pemain-pemain top seperti Rocky Putiray, Robby Darwis, dan berada di bawah besutan pelatih Antony Polosin.

Pada partai final, mereka sukses membuat Thailand menangis lewat babak adu penalti yang berakhir dengan kemenangan 4-3.

Baca Juga: PSSI Belum Tahu Elkan Baggott Dipanggil TC Timnas Indonesia atau Tidak

Untuk informasi, medali emas SEA Games 1991 ini menjadi medali emas kedua setelah berhasil meraih pencapaian yang sama pada SEA Games edisi 1987.

Komentar