alexametrics

Hasil Piala AFF Hari Ini: Vietnam Tundukkan Laos, Malaysia Gasak Kamboja

Rully Fauzi
Hasil Piala AFF Hari Ini: Vietnam Tundukkan Laos, Malaysia Gasak Kamboja
Para pemain Timnas Vietnam. [GIUSEPPE CACACE / AFP]

Vietnam dan Malaysia praktis jadi saingan utama Indonesia di Grup B Piala AFF 2020.

Suara.com - Juara bertahan Timnas Vietnam mengawali kiprah mereka di Piala AFF 2020 dengan mulus usai menang 2-0 atas Laos. Vietnam sendiri kembali jadi favorit juara untuk Piala AFF yang sudah lama tertunda imbas pandemi COVID-19 ini.

Mengawali pertandingan pertama Grup B di Bishan Stadium, Singapura, Senin (12/6/2021) malam WIB, Vietnam tampil dominan unggul 1-0 pada babak pertama melalui gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-25.

Gol berawal dari umpan lambung Xuan Truong dari sektor kiri. Nguyen Pong Hong Duy yang menerima bola kemudian menyodorkan bola kepada Nguyen Cong Phuong, yang dengan mudah menyontek bola masuk ke gawang. Vietnam pun unggul 1-0.

Pada babak kedua, Vietnam menambah gol lagi melalui sundulan Phan Van Duc di menit ke-55. Gol tercipta setelah Phan Van Duc menanduk umpan silang Ho Tan Tai.

Baca Juga: Kalah Lawan Manchester United Besutan Rangnick, Patrick Vieira Gusar

Vietnam sebenarnya berpeluang menambah gol karena mendapat hadiah penalti pada menit ke-73. Penalti diberikan wasit setelah Chitpasong Latthachack melakukan handsball di kotak penalti Laos.

Sayang, eksekusi Vu Van Thanh masih bisa dipatahkan kiper Laos, Keo Oudone. Hingga akhir pertandingan, skor 2-0 tidak berubah.

Sementara itu, di pertandingan Grup B lainnya yang dihelat lebih awal malam ini, Timnas Malaysia berhasil menggasak Kamboja 3-1.

Dalam pertandingan yang juga digelar di Bishan Stadium, gol-gol Malaysia dicetak oleh Safawi Rasid, Akhyar Rashid, dan Kogileswaran Raj. Sementara satu gol Kamboja dibukukan Sath Rosib.

Dengan hasil ini, Malaysia sementara menempati puncak klasemen Grup B dengan poin 3, sama dengan raihan Vietnam namun unggul selisih gol.

Baca Juga: Patron 4-2-2-2 Jadi Identitas Baru Manchester United, Ini Komentar Ralf Rangnick

Sementara itu, Timnas Indonesia yang juga menghuni Grup B baru akan menjalani laga perdana mereka di Piala AFF 202 pada 9 Desember nanti dengan menghadapi Kamboja.

Komentar