facebook

Eks Asisten Pelatih Timnas Dukung Kontrak Jangka Panjang Shin Tae-yong

Rully Fauzi
Eks Asisten Pelatih Timnas Dukung Kontrak Jangka Panjang Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah). [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

PSSI disarankan mengikat Shin Tae-yong dengan kontrak jangka panjang.

Suara.com - Mantan pelatih PSM Makassar yang juga pernah bekerja sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, Syamsuddin Umar mendukung pemberian kontrak jangka panjang bagi Shin Tae-yong untuk meningkatkan prestasi Tim Garuda ke depan.

Syamsuddin Umar mengatakan Shin Tae-yong telah membangun pondasi yang kuat sejak menangani Timnas Indonesia, dan itu perlu dilanjutkan agar bisa membentuk tim yang mampu berprestasi.

"Jadi, Shin Tae-yong itu kalau bisa kita kontrak lima tahun atau jangka panjang lah oleh PSSI untuk menyelesaikan pekerjaannya," ujar Syamsuddin seperti dimuat Antara, Selasa (4/1/2022).

Mantan pelatih PSM Makassar yang juga eks asisten pelatih Timnas Indonesia, Syamsuddin Umar. [ANTARA/Abd Kadir]
Mantan pelatih PSM Makassar yang juga eks asisten pelatih Timnas Indonesia, Syamsuddin Umar. [ANTARA/Abd Kadir]

"Sejauh ini para pelatih timnas tidak tuntas menyelesaikan pekerjaannya. Paling satu hingga dua tahun di timnas. Tidak pernah secara kontinyu, selalu berganti-ganti," lanjutnya.

Baca Juga: Ketum PSSI Tak Merasa Bersalah Sambut Timnas Indonesia di Masa Karantina

Syamsuddin Umar juga memberikan apresiasi kepada Shin Tae-yong yang kembali fokus dalam basic sepakbola seperti kontrol bola, passing dan dribel.

Menurut dia, jika Shin dikontrak jangka panjang, maka stakeholder sepakbola mulai pengamat, pemerhati, pelaku sepakbola, hingga pengambil kebijakan bisa belajar program-program selama menangani timnas.

"Agar ketika dia pergi, maka ada yang ditinggalkan. Ada warisannya. Jangan ketika Shin Tae-yong pulang, justru kita tidak mendapatkan apa-apa. Tugas kita bersama yakni bagaimana mengawasi kinerjanya," jelas Syamsuddin.

Syamsuddin juga memuji keberanian dan kejelian Shin memainkan pemain-pemain usia muda di Piala AFF 2020 lalu. Apalagi kinerja pemain juga cukup menjanjikan saat diberikan kepercayaan.

Dengan usia pemain yang dibawa ke Piala AFF 2020 rata-rata muda, tentunya ini juga menjadi keuntungan Timnas Indonesia level U-23 saat tampil di Piala AFF U-23 2022 pada Februari nanti.

Baca Juga: PSSI Puas dengan Kinerja Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Komentar