facebook

Fakta Menarik Timnas Bangladesh, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Syaiful Rachman
Fakta Menarik Timnas Bangladesh, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday
Anggota tim sepak bola nasional Bangladesh berfoto jelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan 2023 Piala Asia AFC melawan India di Vivekananda Yuba Bharati Krirangan di Kolkata pada 15 Oktober 2019. DIBYANGSHU SARKAR / AFP

Pertandingan Timnas Indonesia kontra Bangladesh akan digelar dalam waktu dekat.

Suara.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh pada laga persahabatan dalam rangkaian FIFA Matchday.

Belum diketahui waktu pasti pertandingan tersebut karena PSSI belum mengumumkan, yang pasti laga ini bakal berlangsung antara 24-31 Januari 2022 sesuai jadwal jeda internasional.

Sementara untuk lokasi, pertandingan Timnas Indonesia vs Bangladesh bakal digelar di Bali. Indonesia sendiri diprediksi tidak akan diperkuat oleh para pemain yang merumput di luar negeri.

Starting eleven Timnas Indonesia di laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]
Starting eleven Timnas Indonesia di laga leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Thailand. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Secara hitung-hitungan di atas kertas, Indonesia sebetulnya unggul jauh dari Bangladesh. Indonesia ada di peringkat 164, sedangkan lawannya ada di posisi ke-186.

Baca Juga: Tiga Kiper Muda Keturunan Indonesia yang Bisa Perkuat Skuad Garuda

Berikut fakta-fakta menarik timnas Bangladesh yang bakal dihadapi skuad Garuda.

1. Sudah Jumpa enam Kali dengan Indonesia

Bangladesh bukan lawan asing sebetulnya buat Indonesia, pasalnya kedua tim tercatat sudah pernah enam kali berhadapan.

Dari enam pertemuan tersebut, Indonesia mampu mengemas empat kemenangan, satu kali imbang, dan sekali kalah. Indonesia mampu menyarangkan 12 gol, sedangkan Bangladesh 4 gol.

Meski sudah sering berhadapan, pertandingan antara Indonesia dan Bangladesh suidah cukup lama terjadi yaitu pada 2008 di laga persahabatan.

Baca Juga: Asyik Main Bola, Pratama Arhan Mengaku Lupa Kuliah

2. 100 Persen Diperkuat Pemain Klub Lokal

Pada pertandingan terakhir yang dilakoni Bangladesh, negara di Asia Selatan ini hanya memanggil para pemain yang merumput di liga domestik mereka.

Pada turnamen Mahinda Rajapaksa Trophy di Srilanka pada 10-16 November 2021, semua pemain berasal dari Liga Premier Bangladesh seperti Saif Sporting Club, Uttar Baridhara Club, Bashundhara Kings, Dhaka Abahani, hingga Sheikh Russel KC.

3. Hanya Sekali Main di Piala Asia

Tim nasional Bangladesh memulai debutnya di laga internasional pada 1973, namun mereka bukan termasuk sebagai salah satu tim kuat di Asia.

Meski begitu, Bangladesh bisa dibilang sebagai salah satu tim terbaik di Asia Selatan--bersama India. Mereka adalah salah satu dari dua negara di Asia Selatan yang pernah lolos ke putaran final Piala Asia yaitu pada 1980 dan ini menjadi satu-satunya keikutsertaan Bangladesh di Piala Asia.

4. Punya Satu Gelar Kompetisi Antar Negara Asia Selatan

Prestasi terbaik yang diraih timnas Bangladesh adalah menjadi kampiun dari kejuaraan antar negara di Asia Selatan, SAFF Championship, pada 2003 silam.

Ini menjadi gelar paling prestisius yang dimiliki oleh Bangladesh sejauh tim nasional mereka terbentuk.

[Penulis: Aditia Rizki]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar