facebook

Timnas Futsal Indonesia Diyakini Mampu Sabet Emas SEA Games Hanoi karena Tiga Alasan Ini

Syaiful Rachman
Timnas Futsal Indonesia Diyakini Mampu Sabet Emas SEA Games Hanoi karena Tiga Alasan Ini
Timnas futsal Indonesia yang berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Timnas Futsal Indonesia keluar sebagai runner-up di ajang Piala AFF Futsal 2022.

Suara.com - Timnas Futsal Indonesia menjadi buah bibir menyusul prestasi yang mereka torehkan di ajang Piala AFF Futsal 2022.

Timnas Futsal Indonesia menjadi runner-up Piala AFF Futsal 2022 usai dikalahkan Timnas Thailand. Berlaga di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, Minggu (10/4/2022), Indonesia kalah 5-3 lewat adu penalti.

Kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan waktu selesai. Gol Indonesia diciptakan oleh Evan Soumilena pada menit ke-8 dan Ardiansyah Runtuboy di menit 25. Gol balasan Thailand datang dari Krit Aransanyalak di menit 39 dan Osamanmusa pada menit ke-40.

Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di final Piala AFF Futsal 2022 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Minggu (10/4/2022). [@AFFPresse]
Timnas Futsal Indonesia vs Thailand di final Piala AFF Futsal 2022 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Minggu (10/4/2022). [@AFFPresse]

Meski gagal menjadi kampiun, Timnas Futsal Indonesia memberikan harapan besar di masa mendatang. Terlebih Indonesia dihadapkan pada agenda besar lainnya.

Baca Juga: Karier Mentereng Bambang Bayu Saptaji, Bintang Futsal Indonesia Pertama yang Berkarier di Luar Negeri

Paling dekat Timnas Futsal Indonesia bakal menghadapi SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Pertandingan cabang olahraga futsal SEA Games 2021 rencananya digelar pada pertengahan Mei 2022.

Sejak futsal dikompetisikan di SEA Games pada tahun 2007, timnas putra Indonesia meraih tiga medali perunggu yaitu pada tahun 2007, 2011 dan 2013.

Dengan performa Timnas Futsal Indonesia saat ini, harapan untuk bisa meraih medali emas pertama di SEA Games pun membuncah.

Berikut ulasan kenapa Timnas Futsal Indonesia bisa juara SEA Games 2021.

1. Didominasi Pemain Muda

Baca Juga: Aksi Evan Soumilena Acungkan Jari Tengah dan Protes Keras kepada Wasit

Skuad Indonesia di Piala AFF Futsal 2022 berisikan banyak pemain muda yang mengantarkan Indonesia menempati peringkat ketiga di ajang Piala Asia Futsal U-20 2019.

Dengan sederet pengalaman yang mereka miliki, para pemain muda ini bisa diharapkan mampu membawa Indonesia tampil lebih baik di SEA Games 2021.

2. Skuad Indonesia Sedang Bagus

Banyak yang mengatakan skuad Timnas Futsal Indonesia yang dibawa ke Piala AFF Futsal 2022 adalah generasi emas. Sebab hampir semua pemain memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Kombinasi pemain-pemain muda dan berpengalaman ini diharapkan mampu menjadi kekuatan yang menakutkan bagi lawan. Thailand, sebagai contoh, terlihat kewalahan saat menghadapi Indonesia di Piala AFF Futsal 2022.

3. Sosok Pelatih Baru

Harapan Indonesia untuk bisa meraih medali emas pertama di cabor futsal pada ajang SEA Games semakin besar dengan hadirnya Mohammad Hashemzadeh di kursi pelatih.

Kemampuan pelatih asal Iran itu sudah terbukti dengan membawa Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF Futsal 2022.

Dengan pengalamannya menukangi beberapa tim futsal kelas atas dan meraih prestasi bersama Timnas Futsal Iran di level dunia, Hashemzadeh pun diharapkan bisa mengangkat prestasi Timnas Futsal Indonesia.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar