facebook

Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita Resmi Ditugaskan di Piala Dunia 2022 Qatar

Reky Kalumata
Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita Resmi Ditugaskan di Piala Dunia 2022 Qatar
Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart. [LOIC VENANCE / AFP]

FIFA memutuskan untuk menggunakan tiga wasit dan tiga asisten wasit wanita untuk Piala Dunia tahun ini.

Suara.com - Belum digelar tapi Piala Dunia 2022 sudah membuat gempar dengan keputusan mengejutkan memilih wasit wanita bertugas di turnamen akbar sepak bola dunia ini.

Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memutuskan untuk menggunakan tiga wasit dan tiga asisten wasit wanita untuk Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini.

FIFA mengizinkan wasit wanita untuk mencatatkan debut di Piala Dunia 2022, keputusan ini merupakan sebuah terobosan dalam hak kesetaraan gender dalam sepak bola.

Dilansir dari The Guardian, tiga wasit wanita yang bertugas masing-masing berasal dari Jepang, Prancis, Rwanda, Amerika Serikat, Brasil dan Meksiko.

Baca Juga: Timnas Indonesia Andalkan Skuad SEA Games saat Hadapi Bangladesh di FIFA Matchday

Stephanie Frappart dari Perancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang termasuk dari 36 wasit di Piala Dunia 2022.

Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat yang bertugas sebagai asisten wasit dari total 69 asisten wasit.

Pierluigi Colina selaku Kepala Wasit FIFA menyebut terobosan ini dibuat setelah dilakukan pemilihan secara adil dan tanpa memandang gender.

"Hasil dari proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu untuk mendelegasikan tugas kepada wasit wanita di turnamen top FIFA," ucap Colina.

"Kami peduli dengan kualitas dan nilai, bukan gender. Saya berharap ke depan, pemilihan wasit wanita untuk turnamen sepak bola pria akan dianggap sebagai hal yang biasa.

Baca Juga: Rekam Jejak Timnas Bangladesh, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday

"Bukan kejutan lagi." imbuhnya.

Komentar