facebook

Kena Kritik di SEA Games, Rio Fahmi Siap Kerja Keras Bareng Timnas Indonesia Senior

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Kena Kritik di SEA Games, Rio Fahmi Siap Kerja Keras Bareng Timnas Indonesia Senior
Ilham Rio Fahmi saat berbaju Timnas Indonesia (dok. Persija)

"Saya harus bekerja keras menjawab kepercayaan yang diberikan kepada saya."

Suara.com - Rio Fahmi kembali mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong untuk membela timnas Indonesia. Selepas SEA Games 2021, dia masuk dalam skuad Garuda yang akan berlaga kontra Bangladesh di FIFA Matchday awal Juni mendatang.

Bagi Rio Fahmi, ini adalah kali pertama dirinya dipanggil memperkuat timnas senior. Dia pun bertekad untuk bekerja lebih keras demi menjawab kepercayaan pelatih.

Nama Rio Fahmi sebelumnya ramai dibicarakan di SEA Games 2021. Dia dianggap belum mampu mengemban tugas menggantikan Asnawi Mangkualam di pos bek sayap kiri.

"Tentu ini pengalaman yang luar biasa. Setelah bermain di SEA Games saya kembali mengikuti timnas senior,” kata Rio Fahmi dilansir dari laman klub, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Banyak Tampil Bersama Perkuat Timnas Indonesia, 5 Pemain Andalan Shin Tae-yong?

"Saya harus bekerja keras menjawab kepercayaan yang diberikan kepada saya."

Rio bukan satu-satunya pemain Persija Jakarta yang kembali dipanggil Shin Tae-yong memperkuat timnas Indonesia. Ada nama Syahrian Abimanyu juga.

Rio dan Abi masuk daftar panggil untuk laga FIFA Matchday kontra Bangladesh yang akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung pada 1 Juni 2022.

Selain itu, keduanya juga masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Pelatih Shin Tae-yong untuk Training Camp (TC) jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait pada 4–14 Juni 2022.

Pemanggilan ke timnas senior itu merupakan lompatan besar dalam karier seorang Rio Fahmi. Ia baru menjalani debut profesional bersama Persija di Liga 1 musim lalu.

Namun, Rio Fahmi sukses membuat Shin Tae-yong tertarik dan memanggilnya untuk turun di SEA Games 2021. Kini, ia kembali dipanggil untuk turun di level senior.

Baca Juga: 29 Pemain untuk FIFA Matchday Dipanggil, Publik Tanya Ricky Fajrin dan Bagas Kaffa

“Saat ini saya dalam kondisi ideal untuk mengikuti TC. Pastinya, pengalaman di SEA Games saya jadikan pelajaran agar bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Sementara itu, Abimanyu pun tak kalah siap dengan Rio. Ia mengatakan sangat antusias ambil bagian dalam TC proyeksi Piala Asia.

“Saya siap mengikuti TC timnas. Setelah pulang dari SEA Games kami dapat libur dua hari dan itu saya maksimalkan untuk beristirahat,” ujar Abimanyu.

Komentar