Pemecatan Helmy Yahya di Balik Keberuntungan TVRI Dapat Liga Inggris

Yazir Farouk | Ismail
Pemecatan Helmy Yahya di Balik Keberuntungan TVRI Dapat Liga Inggris
Helmy Yahya [Suara.com/Evi]

Helmy Yahya juga tak percaya TVRI bisa memiliki siaran Liga Inggris.

Suara.com - Helmy Yahya mengaku tidak percaya TVRI bisa mendapatkan siaran Liga Inggris saat dirinya menjabat Dirut televisi tersebut.

Adik Tantowi Yahya ini membenarkan banyak orang yang bertanya soal pembelian siaran Liga Inggris. Meski juga tak menyangka, Helmy Yahya tetap punya jawabannya.

"Saya pun tidak percaya (Liga Inggris tayang di TVRI). Dimana-mana orang bertanya anggaran tidak ada, saya cuma menjawab dengan satu statement, ini rezeki anak soleh," kata Helmy Yahya dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Kepercayaan, Helmy Yahya melanjutkan, jadi faktor utama TVRI bisa menayangkan Liga Inggris. Dia menyebut TVRI memiliki sederet keunggulan dari televisi lain.

"Karena jangakuan kami lima kali lipat dari TV lain, akhirnya kami mendapatkan live bekerja sama dengan Mola TV untuk menanyangkan Liga Inggris. Masya Allah," ujar Helmy Yahya.

Tapi di balik keberuntungan itu, Helmy Yahya malah dicopot dari jabatannya oleh Dewan Pengawas TVRI. Dia dinilai tak bisa memberi penjelasan ihwal pembelian program Liga Inggris, dari pelaksanaan tertib administrasi anggaran TVRI.

Helmy Yahya dipecat dari jabatannya pada Kamis (16/1/2020) siang oleh jajaran Dewas. Pemecatan ini menyusul surat pemberhentian sementara yang dilayangkan pada Helmy pada 4 Desember tahun lalu.

Merespons pemecatan ini, Helmy Yahya bakal melawan secara hukum. Kuasa hukumnya, Chandra Hamzah, tengah menyiapkan tuntutan yang akan disampaikan dalam waktu dekat.

"Kami sedang siapkan. Mengenai fakta-fakta, kami sebagai kuasa hukum sudah paham. Tinggal kami formulasikan apa yang jadi tuntutan," kata Chandra.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS