facebook

Perjalanan Spiritual Rafael Tan, Pernah Memeluk 3 Agama

Yazir Farouk | Dea Dezellynda Madya Ratri
Perjalanan Spiritual Rafael Tan, Pernah Memeluk 3 Agama
Rafael Tan saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019). [Sumarni/Suara.com]

"Gue juga dibesarkan dengan keluarga yang berbagai macam budaya, berbagai macam agama," kata Rafael Tan.

Suara.com - Rafael Tan mengungkap perjalanan spiritualnya sebelum mantap memuluk Kristen. Ternyata, dia pernah jalani tiga agama sekaligus.

Bukan baru-baru ini, pengalaman itu terjadi saat personel SM*SH itu masih kecil. Ketika dia dilahirkan, sang ayah sudah beragama Islam, sementara sang bunda memeluk Budha.

"Gue juga dibesarkan dengan keluarga yang berbagai macam budaya, berbagai macam agama. Bokap saat itu, pas gue udah lahir itu bokap sudah muslim, sebelumnya Budha. Kalau nyokap Budha," kata Rafael Tan saat berbincang dengan Daniel Mananta di kanal YouTube Daniel Mananta Network, dikutip Selasa (13/4/2021).

Sejak kecil Rafael Tan kerap dibawa ke Gereja oleh ibunya. Bukan mendalami agama tersebut, Rafael ke sana untuk belajar paduan suara.

Baca Juga: Rafael Tan Belajar 3 Agama, Pagi ke Gereja, Siang Ke Vihara, Sore Sholat

"Terus kenapa gue ada di Gereja? Waktu kecil dari mungkin umur 1 sampai berapa tahun ya? Sampai kelas 1 SD itu ya masih ikut-ikutan aja. Cuma waktu SD kelas 2 kalo nggak salah nyokap bawa gue ke Gereja," ujar Rafael.

Daniel lantas bertanya apa agama Rafael Tan waktu itu. Dia pun menjawab memeluk 3 keyakinan sekaligus.

"(Agama) Tiga-tiganya. Jadi gini, misalnya hari Minggu, waktunya ke Gereja, pagi-pagi gue ke Gereja sekolah minggu. Siangnya itu gue ikut nyokap, karena di Wihara pun ada satu komunitas kayak sekolah Minggu anak-anak kecil yang untuk belajar Kitab Tripitaka untuk sembayang," ujarnya.

Sementara sore hari pulang ke rumah, Rafael Tan ikut salat Magrib bersama sang ayah.

Saat beranjak dewasa, Rafael Tan memantapkan pilihannya memeluk Kristen.

Baca Juga: Kondisi Orangtua Atta Halilintar, Ibu eks Kaesang Singgung Soal Zalim

"Tapi dalam hati kecil sih gue, meskipun gue mengikuti 3 agama ini, tapi dalam hati kecil gue, gue kalau berdoa selalu sama Tuhan Yesus," kata Rafael Tan.

Komentar