alexametrics

7 Seleb Ungkap Pengalamannya Hadapi Autoimun, Emosi Jessica Iskandar Terkuras!

Yohanes Endra
7 Seleb Ungkap Pengalamannya Hadapi Autoimun, Emosi Jessica Iskandar Terkuras!
Jessica Iskandar [Instagram]

Selain Cita Citata ternyata ada beberapa artis lain yang juga mengidap penyakit ini. Siapa saja?

Suara.com - Sederet seleb ternama tanah air menyatakan bahwa mereka mengidap penyakit autoimun. Cita Citata pada 20 Mei 2021 kemarin mengkonfirmasi bahwa dirinya telah satu tahun menjalani pengobatan untuk autoimun.

Selain Cita Citata ternyata ada beberapa artis lain yang juga mengidap penyakit ini. Sampai saat ini para dokter belum bisa menentukan penyebab pasti dari penyakit autoimun. Mulai dari genetik, infeksi, pola makan, hingga paparan zat kimia diduga menjadi pemicu munculnya autoimun.

Perempuan bahkan disebut lebih rentan menderita penyakit ini dibanding pria. Presentase kemungkinan perempuan mengidap autoimun dibandingkan pria bahkan mencapai 6.4 persen. Autoimun ini merupakan kondisi saat imun tubuh yang seharusnya melindungi tubuh justru berbalik dan menyerang tubuh penderitanya. Hal ini tentunya akan sangat berbahaya jika yang diserang adalah organ penting dalam tubuh.

Siapa saja seleb atasi autoimun? Yuk simak daftarnya yang sudah MataMata.com rangkum ini.

Baca Juga: 5 Fakta Cantika Abigail Idap Penyakit Autoimun, Sempat Alami Tekanan Mental

1. Cita Citata

Cita Citata saat acara konferensi pers peluncuran Sinetron '9 Bulan' oleh WeTV di Wang Plaza, Jakarta Barat, Selasa (25/5/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]
Seleb Atasi Autoimun [Matamata.com/Alfian Winanto]

Cita Citata mengetahui jika dirinya mengidap autoimun saat muncul bercak-bercak merah di tubuhnya. Setelah ia memeriksakan diri ternyata dirinya dinyatakan positif idap autoimun. Pelantun lagu Goyang Dumang ini pun telah menjalani pengobatan di Malaysia dan Singapura. Menurutnya ia sudah menjalani terapi akupuntur selama kurang lebih satu tahun. 

2. Ashanty

Penyanyi Ashanty saat ditemui di Kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (9/2/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]
Seleb Atasi Autoimun. [Matamata.com/Alfian Winanto]

Istri Anang Hermansyah ini juga diketahui telah cukup lama mengidap autoimun. Bahkan pada 2018 lalu ibu emat orang anak ini dilarikan ke rumah sakit usai di seluruh tubuhnya muncul bentol-bentol. Autoimun yang diidap Ashanty ini menurutnya karena ia sering stress dan terbiasa mengonsumsi obat diet tanpa resep dokter. Hingga kini Ashanty pun masih terus menjalani serangkaian pengobatan untuk menyembuhkan dirinya dari autoimun.

3. Cici Panda

Baca Juga: Cita Citata Tegaskan Hubungannya dengan Indra Bruggman Berakhir, Ini Alasannya

Cici Panda. (Suara.com/Yazir)
Seleb Atasi Autoimun (Suara.com/Yazir)

Presenter kocak Cici Panda juga menjadi salah satu pengidap autoimun. Ia sempat kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Cici Panda diketahui harus menunggu selama delapan tahun untuk dapat hamil dan melahirkan anaknya. Ia pun sering membagikan momen perjuangannya saat awal-awal kehamilan hingga persalinan. Cici Panda berjuang menjaga kehamilannya sembari melawan penyakit autoimun yang diderita.

4. Andrea Dian

Andrea Dian (Instagram @andreadianbimo)
Seleb Atasi Autoimun (Instagram @andreadianbimo)

Andrea Dian mengidap autoimun fase awal. Sehingga ia tetap terlihat sehat dan baik-baik saja. Namun bukan berarti Andre Dian lepas dari semua resiko. Setelah mengetahui bahwa ia mengidap autoimun istri Ganindra Bimo ini secara ketat menjaga pola makan. Tak hanya itu, Andrea Dian juga rajin berolahraga. Sehingga sejauh ini belum ada masalah serius yang muncul karena penyakitnya ini.

5. Olivia Lazuardi

Olivia Lazuardi. (Instagram/olivialazuardy)
Seleb Atasi Autoimun (Instagram/olivialazuardy)

Selebgram Olivia Lazuardi pun pernah mengungkapkan penyakit autoimun yang ia derita. Autoimun yang diderita influencer ini adalah jenis psoriasis. Jenis autoimun ini membuat kulitnya kering, merah, iritasi, hingga mengelupas dan bisa berdarah. Penyakit ini bahkan telah ia derita selama sepuluh tahun. Dan belum ada kepastian dari penyebab mengapa ia bisa mengidap penyakit ini. Kini Olivia pun harus menjaga pola makan dan hidup sehat. Agar kondisinya tidak semakin parah.

6. Jessica Iskandar

Jessica Iskandar (Instagram/@inijedar)
Seleb Atasi Autoimun (Instagram/@inijedar)

Artis cantik yang biasa dipanggil Jedar ini juga mengidap autoimun. Hal ini diketahui usai dirinya mengalami Takikardia. Setelah itu dokter pun memastikan bahwa penyakitnya ini mengarah pada Graves disease autoimmune hyperthyroidism. Penyakit ini diakibatkan oleh kelebihan kadar hormon tiroid dalam tubuhnya. Bahkan sejak divonis idap penyakit ini Jedar mengaku emosinya terkuras hingga banyak menangis. Pasalnya ia harus membatasi aktivitasnya agar kondisinya tak lebih buruk.

7. Raditya Dika

Raditya Dika. (Instagram/@raditya_dika)
Seleb Atasi Autoimun. (Instagram/@raditya_dika)

Meski presentase pengidap penyakit autoimun ini lebih besar adalah perempuan. Namun bukan berarti pria tidak bisa terkena penyakit ini. Komica kondang Raditya Dika adalah salah satu pria yang mengidap autoimun. Meski Dika tidak menjelaskan secara detail penyakitnya ini namun ia rutin melakukan check up di rumah sakit Singapura tiap tahunnya.

Nah itu dia 7 Seleb atasi autoimun, meski tidak pasti penyebabnya namun para seleb ini harus menjaga pola makan dan pola hidup sehat agar kondisinya tidak memburuk. Semoga semuanya lekas sembuh ya! (Safitri Yulikhah)

Komentar