alexametrics

Melly Goeslaw Bangga Bikin Soundtrack Film Kadet 1947

Sumarni | Evi Ariska
Melly Goeslaw Bangga Bikin Soundtrack Film Kadet 1947
Melly Goeslaw [Suara.com/Sumarni]

Lagu tersebut berjudul Bakti.

Suara.com - Film Kadet 1947 akhirnya merilis original soundtrack berjudul Bakti. Lagu ini dibawakan oleh Anneth Delliecie yang diciptakan Melly Goeslaw dan Anto Hoed sebagai musik arrangement.

Perilisan lagu Bakti ini dihadiri oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Ia ternyata memiliki andil dalam proses pembuatan lagi Bakti.

Erick Thohir secara pribadi meminta kepada Melly Goeslaw untuk membuat lagu nasionalisme yang bisa dinikmati berbagai kalangan umur.

Momen peluncuran soundtrack film Kadet 1947 yang berjudul Bakti [Suara.com/Evi Ariska]
Momen peluncuran soundtrack film Kadet 1947 yang berjudul Bakti [Suara.com/Evi Ariska]

"Saya takutnya banyak generasi muda Indonesia jauh dari sejarah kita. Tapi juga lagu-lagu nasionalismenya jadul. Waktu itu memang spesifikli saya minta sama teh Melly ‘gimana kita cari lagi nasionalisme yang dekat dengan generasinya’ terima kasih ini lagu yang luar biasa," kata Erick Thohir di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga: Menteri Erick Thohir Usul Kementerian Punya Kewenangan Bisa Menutup BUMN dalam Revisi UU

Sementara Melly Goeslaw mengaku bangga dipercaya sebagai penulis lagu Bakti. Lewat lagu Bakti, ia bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme terutama bagi kalangan milenial.

"Ini pridenya besar banget untuk saya," ujar Melly Goeslaw.

Anto Hoed dan Melly Goeslaw [Instagram]
Anto Hoed dan Melly Goeslaw [Instagram]

"Karena saya bisa membuktikan kepada semua musisi, bisa mengajarkan kepada Anneth, kepada yang lain, bahwa untuk mencintai negeri ini nggak harus kita selalu menjadi seseorang, saya bisa mencintai negeri ini melalui lagu Bakti," sambungnya.

Seperti diketahui, kisah tentang tujuh pemuda yang melakukakan aksi pengeboman pertama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat Agresi Militer Belanda I pada 1947 silam, diangkat dalam sebuah film bertajuk "Kadet 1947".

Film yang diproduksi oleh Temata Studios, Screenplay Films dan Legacy Pictures ini menampilkan sejarah Indonesia yang belum pernah diceritakan dalam buku pelajaran sekolah. Film ini disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia.

Baca Juga: Erick Thohir Usulkan 2 BUMN Ini Dapat Tambahan PMN 2021

Behind the scene film Kadet 1947 [siaran pers]
Behind the scene film Kadet 1947 [siaran pers]

Film "Kadet 1947" ini sendiri mendapat dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya AU (Angkatan Udara), karena cerita pada film ini terinspirasi dari salah satu babak sejarah TNI AU yang belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya.

Para aktor muda pun didapuk untuk menjadi para kadet, sebut saja Baskara Mahendra, Wafda Saifan, Kevin Julio, Ajil Ditto, Chicco Kurniawan, Samo Rafael, hingga Fajar Nugra.

Ada juga beberapa pemain lain yang lebih senior macam Ibnu Jamil, Ario Bayu, Lutesha, Mike Lucock, Indra Paciq dan lainnya.

Peluncuran film "Kadet 1947" awalnya direncanakan pada bulan Agustus 2020 untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Namun, proses produksi yang dimulai sejak awal Maret 2020 ini harus mengalami penundaan lantaran pandemi COVID-19 yang cukup masif di Indonesia.

Komentar