facebook

Interview : Cerita Tulus di Balik Lagu-Lagu yang Ada di Album Manusia

Sumarni | Yuliani
Interview : Cerita Tulus di Balik Lagu-Lagu yang Ada di Album Manusia
Sampul album Tulus (situstulus.com).

Lagu berjudul Hati-Hati di Jalan milik Tulus viral di jagat maya.

Suara.com - Lagu Hati-hati di Jalan milik Tulus sedang menjadi trending di kalangan penikmat musik Indonesia. Lagu ini masuk dalam album Manusia yang dirilis pada 3 Maret lalu.

Album tersebut juga sekaligus menandai 10 tahun Tulus bermusik. Selain lagu Hati-Hati di Jalan, ada 9 lagu lainnya yang ditulis Tulus di album Manusia ini.

Digarap selama pandemi Covid-19, tak mudah bagi Tulus merampungkan album ke-5 nya ini. Proses kreatifnya memiliki cerita sendiri untuk pelantun 'Sepatu' ini.

Berikut cerita Tulus tentang proses penggarapan album Manusia.

Baca Juga: Lirik Lagu Hati-Hati di Jalan - Tulus

Fakta Album Manusia Tulus (Instagram/@tulusm)
Fakta Album Manusia Tulus (Instagram/@tulusm)

Inspirasinya dari mana menciptakan album Manusia?

Inspirasinya kebanyakan dari interaksi manusia, di album ini banyak menceritakan soal ragam dan cerita soal interaksi manusia, makanya diberi tajuk Manusia. Begitupun dengan pengalaman saya dalam berinteraksi dengan manusia lain.

Kenapa Manusia?

Manusia itu punya perasaan naik turun, ada bahagianya, ada sedihnya, ada segala macam perasaan dan itu manusiawi. Semoga 10 lagu di album manusia ini bisa ngasih perasaan yang indah untuk semua manusia lainnya.

Serba 10 sengaja?

Baca Juga: Interview: Lika-liku Perjalanan Karier Happy Asmara, Berawal dari Ngamen

Iya karena menandai 10 tahun berkarya, kebetulan 10 lagu untuk album ini.

10 tahun bermusik yang paling berkesan?

Susah ya kalau mau pilih satu dari sekian banyaknya perjalanan. Aku inget gimana pertama rilis album di label rekaman kakak saya, terus berkembang ke album kelima seperti saat ini. Sepanjang perjalanan itu kita berhasil menggelar banyak konser dan tour, itu berkesan banget yaa, proses kreatifnya terutama

Susah nggak sih berproses kreatif di tengah pandemi?

Manusia kan jago banget beradaptasi, sekarang banyak banget hasil adaptasi karena teknologi, semoga kita semua bisa beradaptasi di tengah masalah ini yaa. Contohnya kemarin konser Terlalu Rindu itu juga bentuk adaptasi kami di masa seperti ini.

Lirik dan Chord Hati-Hati di Jalan By Tulus (Instagram/@tulusm)
Lirik dan Chord Hati-Hati di Jalan By Tulus (Instagram/@tulusm)

Kemarin sibuk produksi repot-repot, sekarang udah bisa nyanyi dengan lagu-lagu baru ini.

Lagu-lagu Tulus kan dikenal dengan lirik bahasa yang elegan dan bersyair ya, prosesnya gimana?

Kalau nulis lirik lagu tuh banyak yang saya tulis sebelum ada melodinya. Jadi udah kepikiran ceritnya mau apa. Banyak yang dari lirik dulu baru cari musiknya, saya bukan ahli ahli bahasa tapi eksplor sensitifitas pikiran saya aja. Jadi dari ide satu ke ide lain digabungin.

Eksplorasi musik?

Aransemen musik di album ini berkembang yaa, ada warna baru yang saya dan seluruh pengisi album ini. Nanti temen-temen yang denger album ini akan banyak mendengar alat msuik yang sebelumnya belum pernah ada di lagu lama di sini ada. Suara alat musik flugelhorn yang mirip trompet, drum, piano, dan bass mendominasi di musiknya.

Jadi pendewasaan musik Tulus juga di album ini ya?

Bisa dibilang begitu. Kalau denger album sekarang terus dibandingkan dengan album pertama akan terlihat banget progressnya terasa dan bedanya.

Cover album kenapa tonenya biru?

Karena warna baru, ketika kami berdiskusi kami milih warna yang masih bersinggungan dengan album yang lama sehingga masih nempel dengan warna lama.

Brand Cokelat Cadburry menghadirkan Online Music Performance "Ungkapan Hati" Tulus memeriahkan Hari Kasih Sayang atau Valentine 2022.
Brand Cokelat Cadburry menghadirkan Online Music Performance "Ungkapan Hati" Tulus memeriahkan Hari Kasih Sayang atau Valentine 2022.

Pesan dan Harapan untuk Teman Tulus?

Album ini kan bercerita soal manusia dan dinamisnya soal rasa, saya berharap mudah-mudahan lagu di dalam lagu ini bisa membesarkan hati kalian semua yang mendengarkan. Untuk para Teman Tulus yang sudah berdama 10 tahun ini makasih sudah bersama, makasih udah bikin saya yakin berkarya. Saya harap lagu dan karya saya bisa jadi teman untuk teman-teman semua.

Komentar