Lagi Ultah ke-57, Ini 10 Film Aamir Khan yang Wajib Ditonton

Ferry Noviandi
Lagi Ultah ke-57, Ini 10 Film Aamir Khan yang Wajib Ditonton
Aamir Khan (AFP)

Aamir Khan dijuluki Mr Perfectionist karena begitu memperhatikan detail dalam setiap film yang ia bintangi.

Suara.com - Mr Perfectionist, begitu julukan yang disematkan kepada aktor, produser dan sutradara ternama Bollywood, Aamir Khan. Setiap film yang dibintangi atau produseri, Aamir begitu memperhatikan detail sekecil apapun.

Untuk membintangi sebuah film, Aamir Khan bisa mengubah bentuk tubuhnya menjadi begitu ekstrem. Di film Dangal misalnya. Saat memerankan Mahavir Singh Phogat muda, tubuh Aamir kekar berotot. Namun ketika menjadi Mahavir tua, tubuhnya begitu gemuk.

Tapi hasilnya, setiap film yang dibintangi aktor kelahiran 14 Maret 1965 ini selalu maksimal. Tidak saja sukses di box office, tapi juga kerap mendapat penghargaan bergengsi.

Di ulang tahun Aamir Khan yang ke-57, tim Suara.com mencoba menampilkan 10 film Aamir Khan yang wajib untuk ditonton. Apa saja filmnya, simak selengkapnya di sini:

Baca Juga: Fakta Menarik Film Pathaan, Comeback Shah Rukh Khan Setelah Vakum 4 Tahun

1. 3 Idiots (2009)

'3 Idiots' (Netflix)
'3 Idiots' (Netflix)

3 Idiots dianggap sebagai salah satu film Bollywood terbaik yang pernah ada karena film ini menerima pujian kritis dan kesuksesan komersial yang luar biasa. Film terbaik Aamir Khan ini menyabet enam Penghargaan Filmfare termasuk Film Terbaik, dan tiga National Awards termasuk Film Populer Terbaik.

Film tersebut juga menerima nominasi Japanese Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan memenangkan Hadiah Utama di Japan's Videoyasan Awards. Film ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan dibintangi oleh Aamir Khan, R. Madhavan dan Sharman Joshi. Sementara Omi Vaidya, Kareena Kapoor dan Boman Irani bergabung dalam peran penting. Filmnya sendiri menelusuri perjuangan dan keseruan yang mengakar dalam kehidupan mahasiswa teknik.

2. Dil Chahta Hai (2001)

Film Preity Zinta. (imdb)
Film Preity Zinta. (imdb)

Kesuksesan Lagaan diikuti oleh Dil Chahta Hai di akhir tahun 2001. Ini merupakan sebuah film romansa dewasa India tahun 2001 yang ditulis dan disutradarai oleh Farhan Akhtar.

Baca Juga: Daftar Film Bollywood yang Bakal Tayang di Februari 2023

Filmnya berfokus pada kehidupan romantis tiga teman masa kecil yang baru lulus kuliah, yakni Aamir Khan, Saif Ali Khan, dan Akshaye Khanna. Film ini juga dibintangi oleh Preity Zinta, Sonali Kulkarni, dan Dimple Kapadia.