Senam Otak, Penajam Konsentrasi

Ririn Indriani
Senam Otak, Penajam Konsentrasi
Ilustrasi senam otak (Shutterstock)

Penting untuk dilakukan agar sirkulasi darah ke otak lancar.

Suara.com - Tanya:

Selamat sore Dokter,
Salam kenal. Saya sering merasa tidak bisa berpikir secara cepat. Apakah ada cara untuk membuat otak lebih lancar dalam berpikir alias tidak lemot? Terima kasih sebelumnya.

Ferdy Pradana

Jawab:

Dear Ferdy,
Cobalah melakukan brain gym atau senam otak agar sirkulasi darah ke otak lebih lancar. Terdapat berbagai pilihan latihan otak yang dapat Anda lakukan sesuai usia.

Brain gym adalah rangkaian gerakan yang disusun sedemikian rupa untuk mengoptimalkan kemampuan otak seseorang. Misalnya, meningkatkan konsentrasi serta menajamkan daya ingat. Melalui brain gym, sel-sel tubuh akan distimulasi agar bekerja optimal sehingga dapat mencegah datangnya penyakit.

Sebelum memulai gerakan brain gym, Anda bisa meminum air putih terlebih dahulu. Salah satu contoh gerakan brain gym adalah gerakan untuk memperjelas pendengaran dengan cara memijat daun telinga secara perlahan dari arah luar ke dalam maupun arah sebaliknya. Lakukan pada pagi hari selama 5 – 15 menit.

Perhatikan juga asupan gizi dan perbanyak konsumsi vitamin serta mineral. Anda juga bisa mengonsumsi multivitamin yang mengandung gingko biloba yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Terima kasih, semoga membantu.

Dijawab oleh Erna Marina Kusuma, M. Psi., dan dr. Margareta Amelia
Sumber: www.meetdoctor.com

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS