Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kreativitas Anda

Ririn Indriani

Jum'at, 06 Februari 2015 | 16:24 WIB
Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kreativitas Anda
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Ada banyak cara untuk meningkatkan kreativitas Anda, mulai dari membaca, istirahat atau tidur yang berkualitas, liburan atau petualangan ke alam bebas. Selain melakukan aktivitas menyenangkan tersebut, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh termasuk otak.   

Lantas, makanan apa saja yang sangat baik disantap untuk membantu mendongkrak Kreativitas Anda? Berikut adalah beberapa di antaranya:  

1. Buah-buahan
Pendiri Apple, Steve Jobs pernah mengatakan bahwa salah satu sumber kreativitasnya adalah asupan tinggi buah-buahan. Penelitian juga membuktikan bahwa buah-buahan kaya dengan kandungan tirosin yaitu asam amino yang membantu mensintesis protein.

Para peneliti dari Universitas Leiden mengatakan tirosin dapat menjaga tubuh tetap bugar dan mempengaruhi kerja otak.
"Makanan dan suplemen yang mengandung tirosin, menyehatkan serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kita. Siswa-siswa yang sedang melaksanakan ujian dapat mendapatkan manfaat dari tirosin," kata psikolog kognitif Lorenza Colazato.

Kesimpulan ini didapata setelah Colzato dalam penelitiannya itu meminta partisipan melakukan dua hal berbeda, yaitu menyeruput jus jeruk biasa dan jus jeruk dengan tambahan tirosin. Alhasil, partisipan mampu bekerja lebih baik setelah mengonsumsi jus jeruk dengan tambahan tirosin.

2. Cokelat
Studi pada 2007 di Inggris menemukan fakta bahwa menyantap cokelat akan membantu meningkatkan kemampuan kognitif jangka pendek karena mengandung flavanol. Studi dari Universitas Nottingham menyebutkan bahwa flavanol bisa meningkatkan fungsi otak, karena ada peningkatan kadar oksigen yang mengalir ke otak.

3. Karbohidrat
Studi dari Universitas Toronto menemukan bahwa makanan yang kaya kandungan karbohidrat seperti sereal dapat mengantarkan dengan cepat glukosa ke otak. Hasilnya adalah stimulasi otak meningkat sehingga membantu konsentrasi dan memori yang penting untuk kreativitas.

Studi tersebut juga menemukan, diet karbohidrat misalnya konsumsi kentang dan gandum mampu menaikkan kemampuan kognitif seseorang yang berdaya ingat buruk. "Tubuh Anda secara cepat mengambil glukosa dari karbohidrat dan menggunakannya untuk otak," kata direktur Institut Riset Otak UCLA, Dr. Arnold Scheibel.

4. Kenari
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Plant Foods For Human Nutrition menunjukkan, buah kemari mampu meningkatkan memori dan fungsi otak. Ini dikarenakan kenari mengandung asam lemak omega-3.

Kadar asam lemak omega-3 yang rendah dalam tubuh seseorang berhubungan dengan munculnya depresi dan penurunan kognitifnya. Dalam penelitiannya itu, para peneliti menjadikan tikus sebagai objek percobaan. Mereka memberi tikus asupan kenari selama 28 hari lalu membandingkan hasilnya dengan tikus yang tidak diberi asupan kenari.

Hasil studi menunjukkan, adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan memahami dan memori tikus yang memakan kenari. (Medical Daily)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Studi: Makan Kenari Setiap Hari Bisa Pertajam Daya Ingat

Studi: Makan Kenari Setiap Hari Bisa Pertajam Daya Ingat

Health | Sabtu, 24 Januari 2015 | 12:40 WIB

Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Bahan Makanan Ini Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Health | Minggu, 11 Januari 2015 | 18:24 WIB

Kecerdasan dan Kreativitas Anak Dipengaruhi Genetik

Kecerdasan dan Kreativitas Anak Dipengaruhi Genetik

Lifestyle | Kamis, 29 Mei 2014 | 20:37 WIB

Studi: Jalan Kaki Bisa Meningkatkan Kreativitas

Studi: Jalan Kaki Bisa Meningkatkan Kreativitas

Tekno | Sabtu, 26 April 2014 | 11:58 WIB

Terkini

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

Local Media Community Gandeng Google Dukung Penguatan Ekosistem Media Lokal

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:55 WIB

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Tegas! Menkeu Purbaya Ungkap Tak Ada Kenaikan Gaji Guru di 2027

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 00:12 WIB

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Renjana Perca, Saat Fashion Indonesia Bertemu Ekonomi Sirkular

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:48 WIB

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Modal Foto AI Berseragam Polisi, Pria di Bandung Tipu Korban dan Bawa Lari Uang

Jabar | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Insentif Guru Ngaji di Bogor Jadi Rp1,2 Juta per Tahun

Bogor | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Jaga Gajah Sumatera, Pertamina Kilang Plaju Perkuat Upaya Melestarikan Warisan Alam Sumsel

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Temukan 1.500 Warga Terjebak Grup LGBT Daring, Pemkab Serang Siapkan Langkah Pembinaan

Banten | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 23:06 WIB

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Bank Sumsel Babel dan Unsri Bersinergi Menyiapkan Generasi Pemimpin Masa Depan

Sumsel | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Havaianas Debut Kitten Heel di Copenhagen Fashion Week

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:42 WIB

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

Perombakan Buku Sekolah, Solusi Literasi atau Cuma Proyek Bisnis Baru?

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 22:10 WIB

×