Studi: Anak Autis Cenderung Lebih Cerdas

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Studi: Anak Autis Cenderung Lebih Cerdas
Terapi batik setensil untuk anak autis (suara.com/Dinda Rachmawati)

Sekitar 46 persen anak autis punya IQ di atas rata-rata.

Suara.com - Meski memiliki gangguan pada perkembangannya, orang dengan autis tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya rata-rata dari mereka memiliki kecerdasan intelektual atau IQ di atas rata-rata.

Hal ini dibuktikan oleh tim dari University of Edinburgh yang melakukan penelitian untuk melihat hubungan antara tingkat kecerdasan dengan gen autisme.

"Temuan kami menunjukkan bahwa variasi genetik yang meningkatkan risiko autisme memicu kemampuan kognitif yang lebih baik," kata peneliti Toni-Kim Clarke.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti menganalisis sampel DNA dari 10.000 orang di Skotlandia, dan kemudian menguji kemampuan kognitif mereka.

Data dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan, 1 dari 68 anak yang lahir didiagnosis memiliki autisme. Hampir setengah atau sekitar 46 persen anak-anak yang didiagnosis autis memiliki kemampuan intelektual di atas rata-rata. Namun, tingkatannya berbeda pada masing-masing anak.

Mereka yang memiliki gen autisme, otak mereka mampu memecah soal matematika yang sulit, penalaran yang tinggi, dan memberikan solusi yang kreatif dibandingkan mereka yang tidak memiliki gen autisme.

"Studi ini menunjukkan gen autisme benar-benar berhubungan dengan kemampuan kognitif seseorang. Mereka cenderung lebih cerdas dan memiliki intelektual di atas rata-rata," imbuh peneliti. (Medical Daily)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS