Studi Ini Bantah Kedelai Tingkatkan Risiko Kanker payudara

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Selasa, 07 Maret 2017 | 10:49 WIB
Studi Ini Bantah Kedelai Tingkatkan Risiko Kanker payudara
Ilustrasi kedelai. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Kita tahu bahwa perilaku tak sehat seperti merokok atau konsumsi alkohol bisa memicu kanker payudara. Tapi ada pula yang menyebut bahwa konsumsi sumber kedelai seperti susu, tahu, tempe dan edamame juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Namun sebuah penelitian terkini justru menemukan fakta sebaliknya. Mengonsumsi produk kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancer.

Dr. Fang Fang Zhang peneliti dari Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University mengatakan, kedelai dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Isoflavon, komponen yang terkandung dalam kedelai diyakini memiliki sifat seperti estrogen. Dr Zhang pun menganalisis dampak asupan isoflavon pada 6200 perempuan di Amerika.

Selama 9 tahun periode penelitian, Ia menemukan, perempuan yang memiliki kadar isoflavon dalam jumlah tinggi mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 21 persen.

"Berdasarkan hasil penelitian, kami tidak melihat efek yang merugikan dari asupan makanan kedelai," kata Zhang seperti dilansir dari Foxnews.com.

Justru kata dia, perempuan harus rutin mengonsumsi produk kedelai yang memberikan efek perlindungan dari kanker payudara. Meski demikian Ia mengharapkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efek kedelai terhadap sel kanker payudara, dan berapa banyak konsumsi kedelai yang dianjurkan. (Foxnews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Wah, Cabai Bisa Mengobati Kanker Payudara?

Wah, Cabai Bisa Mengobati Kanker Payudara?

Health | Jum'at, 06 Januari 2017 | 20:11 WIB

Waspada, Bahaya Makan Daging Ayam Suntik Hormon

Waspada, Bahaya Makan Daging Ayam Suntik Hormon

Health | Jum'at, 21 Oktober 2016 | 19:55 WIB

Lima Makanan untuk Payudara Sehat

Lima Makanan untuk Payudara Sehat

Health | Rabu, 17 Agustus 2016 | 11:51 WIB

Terkini

4 Facial Wash Anti-Aging Rawat Elastisitas Kulit, Harga Murah Rp30 Ribuan

4 Facial Wash Anti-Aging Rawat Elastisitas Kulit, Harga Murah Rp30 Ribuan

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:50 WIB

Sleman Siaga Karhutla, Lereng dan Hutan Gunung Merapi Jadi Perhatian

Sleman Siaga Karhutla, Lereng dan Hutan Gunung Merapi Jadi Perhatian

Jawa Tengah | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:49 WIB

Indonesia Hadapi Peserta Piala Dunia 2026, Cape Verde Jadi Kandidat Kuat?

Indonesia Hadapi Peserta Piala Dunia 2026, Cape Verde Jadi Kandidat Kuat?

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:45 WIB

DPR Jadwalkan Fit and Proper Test Destry, Berpeluang Jadi Wanita Pertama Pimpin BI

DPR Jadwalkan Fit and Proper Test Destry, Berpeluang Jadi Wanita Pertama Pimpin BI

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:43 WIB

Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,20 Persen, Uangnya Paling Banyak Berputar di Sektor Ini

Ekonomi Sumsel Tumbuh 5,20 Persen, Uangnya Paling Banyak Berputar di Sektor Ini

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:41 WIB

Bertahun-tahun Bungkam, Aksi Bejat Ayah Cabuli Anak Kandung dari SD-SMA di Sukabumi Terbongkar

Bertahun-tahun Bungkam, Aksi Bejat Ayah Cabuli Anak Kandung dari SD-SMA di Sukabumi Terbongkar

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:38 WIB

Mitsubishi Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2026, New XForce Hadirkan Sinyal Positif

Mitsubishi Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2026, New XForce Hadirkan Sinyal Positif

Otomotif | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:38 WIB

Kemenko Polkam Ganti Motor Wartawan yang Raib Saat Liputan Karhutla

Kemenko Polkam Ganti Motor Wartawan yang Raib Saat Liputan Karhutla

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:37 WIB

Masyarakat Makassar Cuan dari Sampah Plastik, Disulap Jadi Furnitur

Masyarakat Makassar Cuan dari Sampah Plastik, Disulap Jadi Furnitur

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:36 WIB

Erick Thohir Tegaskan Komitmen terhadap Sepak Bola Putri, Ada Buktinya?

Erick Thohir Tegaskan Komitmen terhadap Sepak Bola Putri, Ada Buktinya?

Your Say | Selasa, 11 Agustus 2026 | 19:35 WIB

×