Ini Manfaatnya 10 Menit Naik Turun Tangga

Ririn Indriani | Risna Halidi
Ini Manfaatnya 10 Menit Naik Turun Tangga
Ilustrasi berjalan di anak tangga. (Shutterstock)

Lupakan kopi, ternyata menghabiskan 10 menit dengan berjalan naik turun tangga dapat meningkatkan energi.

Suara.com - Lupakan kopi, ternyata menghabiskan 10 menit dengan berjalan naik turun tangga dapat meningkatkan energi.

"Kami menemukan, baik dalam kafein maupun plasebo, tidak banyak perubahan dalam perasaan mereka," kata peneliti sekaligus Profesor di departemen kinesiologi di University of Georgia, Patrick J. O'Connor.

Namun, lanjut dia, latihan seperti naik turun tangga membuat seseorang merasa lebih energik dan bersemangat. "Itu adalah perasaan sementara, segera terasa setelah latihan, tapi dengan 50 miligram kafein, efeknya tidak besar," tambah Patrick dilansir Daily Mail.

Diet Coke misalnya, kata dia, hanya mengandung 42mg kafein, sementara latte mengandung sekitar 77mg.

Penelitian ini bertujuan untuk mensimulasikan rintangan yang dihadapi dalam setting kantor yang khas, di mana para pekerja menghabiskan berjam-jam duduk dan menatap layar komputer dan tidak sempat berolahraga lebih lama di siang hari.

Untuk penelitian ini, peserta pada hari terpisah diminta untuk menelan kapsul mengandung kafein atau plasebo, atau menghabiskan 10 menit untuk berjalan naik dan turun tangga dengan kecepatan rendah.

Profesor Patrick O'Connor ingin membandingkan latihan yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran, di mana mereka memiliki akses ke tangga dan sedikit waktu untuk aktif.

"Pekerja kantor bisa pergi keluar dan berjalan, tapi cuaca bisa jadi kurang ideal. Tidak pernah hujan saat saya berjalan di tangga. Dan banyak orang yang bekerja di gedung perkantoran memiliki akses ke tangga, jadi ini adalah pilihan untuk menjaga kebugaran saat beristirahat sejenak dari pekerjaan."

Peserta studi adalah mahasiswa perempuan yang mengalami kurang tidur. Untuk menguji efek kafein versus latihan, masing-masing kelompok mengambil beberapa tes berbasis verbal dan komputer untuk mengukur bagaimana perasaan mereka dan seberapa baik mereka melakukan tugas kognitif tertentu.

Baik kafein maupun olahraga tidak menyebabkan perbaikan besar dalam perhatian atau ingatan, namun jalan di tangga dikaitkan dengan sedikit peningkatan pada motivasi kerja.

Profesor O'Connor menambahkan bahwa masih banyak penelitian yang harus dilakukan mengenai manfaat spesifik berolahraga di tangga, terutama hanya dalam waktu 10 menit. "Anda mungkin tidak punya waktu untuk berenang, tapi Anda mungkin punya waktu 10 menit untuk berjalan naik turun tangga," tutupnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS