Ini Manfaatnya Mengonsumsi Buah dan Sayur Berwarna Kuning

Dythia Novianty, Firsta Nodia

Minggu, 30 April 2017 | 22:16 WIB
Ini Manfaatnya Mengonsumsi Buah dan Sayur Berwarna Kuning
Ilustrasi labu kuning. [Shutterstock]

Suara.com - Studi menunjukkan bahwa piring makan Anda harus mengandung setidaknya empat warna berbeda dari sayuran dan buah-buahan. Salah satu pigmen pada buah dan sayuran yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah kuning.

Alasannya, buah atau sayuran yang memiliki warna kuning mengandung karotenoid yang terdiri dari beta karoten dan beta cryptoxanthin. Sehingga ketika kita mengonsumsi buah atau sayuran berwarna kuning, tubuh akan secara otomatis mengubahnya menjadi vitamin A.

Buah dan sayuran berwarna kuning juga kaya akan antioksidan, sehingga membantu tubuh melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidan yang kita dapat dari kehidupan sehari-hari, seperti makanan tak sehat hingga paparan polusi.

Vitamin A yang terkandung dalam buah berwarna kuning juga dapat melindungi Anda dari risiko gangguan penglihatan, seperti degenerasi makula yang dalam beberapa kasus dapat menyebabkan kebutaan.

Sebuah studi yang dilakukan Harvard University juga mengungkapkan bahwa karotenoid di dalam buah berwarna kuning dapat mengurangi risiko kanker payudara. Karotenoid ini, menurut penelitian, dapat menghambat perkembangan tumor dan mengurangi penyebaran kanker payudara. [TimesofIndia]

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Antioksidan Ini 6000 Kali Lipat Lebih Super Ketimbang Vitamin C

Antioksidan Ini 6000 Kali Lipat Lebih Super Ketimbang Vitamin C

Health | Sabtu, 11 Maret 2017 | 20:00 WIB

Anak Tak Doyan Sayur Cenderung Lebih Rewel

Anak Tak Doyan Sayur Cenderung Lebih Rewel

Lifestyle | Kamis, 09 Maret 2017 | 17:16 WIB

Minum Wine dalam Porsi Wajar, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

Minum Wine dalam Porsi Wajar, Ini Manfaatnya bagi Tubuh

Health | Kamis, 12 Januari 2017 | 10:05 WIB

Ini Beberapa Alasan Kenapa Cabai Baik untuk Kesehatan

Ini Beberapa Alasan Kenapa Cabai Baik untuk Kesehatan

Health | Kamis, 13 Oktober 2016 | 12:27 WIB

Ini Manfaatnya MPASI Berbahan Ubi Ungu bagi Bayi

Ini Manfaatnya MPASI Berbahan Ubi Ungu bagi Bayi

Health | Rabu, 05 Oktober 2016 | 07:59 WIB

Pakar: Ubi Ungu Bisa Dijadikan Pengganti Beras

Pakar: Ubi Ungu Bisa Dijadikan Pengganti Beras

Lifestyle | Senin, 05 September 2016 | 13:39 WIB

Terkini

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Jogja | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:57 WIB

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:54 WIB

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:50 WIB

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:34 WIB

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:26 WIB

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:24 WIB

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:20 WIB

×