Waspada! Kanker Payudara Menghantui Peminum

Chaerunnisa, Firsta Nodia

Rabu, 24 Mei 2017 | 13:01 WIB
Waspada! Kanker Payudara Menghantui Peminum
Ilustrasi perempuan minum alkohol (Shutterstock)

Suara.com - Mengonsumsi alkohol, meski hanya satu gelas, dapat mengantarkan Anda pada risiko mengidap kanker payudara.

Itu terungkap melalui sebuah penelitian yang dilakukan American Institute for Cancer Research terhadap 12 juta kaum hawa di seluruh dunia.

Peneliti studi Ann McTiernan, mengatakan, konsumsi segelas alkohol meningkatkan risiko kanker payudara sebesar lima persen sebelum menopause dan sembilan persen setelah menopause.

"Konsumsi alkohol dengan jumlah sedikit pun, dapat memberi pengaruh pada pertumbuhan sel kanker karena alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen, yang telah dikaitkan dengan risiko kanker payudara," ujar dia.

Kabar baiknya, risiko ini bisa ditangkal jika Anda melakukan latihan fisik secara rutin, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen, meski itu tidak berarti akan menghilangkan efek alkohol.

"Sepertiga kasus kanker payudara dapat dihindari jika perempuan menjalani aktivitas fisik, konsumsi makanan sehat dan tidak mengonsumsi alkohol," pungkas dia. (Womenshealthmag)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Bir Ini Bisa Menambah Hasrat Seks Lho!

Bir Ini Bisa Menambah Hasrat Seks Lho!

Lifestyle | Jum'at, 19 Mei 2017 | 20:00 WIB

Seseorang Kecanduan Alkohol Saat...

Seseorang Kecanduan Alkohol Saat...

Health | Jum'at, 19 Mei 2017 | 19:40 WIB

Perbesar Payudara dengan Implan? Awas, Kanker Mengincar Anda!

Perbesar Payudara dengan Implan? Awas, Kanker Mengincar Anda!

Health | Rabu, 17 Mei 2017 | 11:12 WIB

Studi: Status Ekonomi Berkaitan dengan Bahaya Konsumsi Alkohol

Studi: Status Ekonomi Berkaitan dengan Bahaya Konsumsi Alkohol

Health | Kamis, 11 Mei 2017 | 20:38 WIB

Payudara Keluar Cairan, Tanda Kankerkah?

Payudara Keluar Cairan, Tanda Kankerkah?

Health | Senin, 08 Mei 2017 | 19:00 WIB

Minum Sampanye, Ini Manfaat Menakjubkan yang Bisa Anda Rasakan

Minum Sampanye, Ini Manfaat Menakjubkan yang Bisa Anda Rasakan

Health | Senin, 17 April 2017 | 15:10 WIB

Begini Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara

Begini Cara Mengenali Gejala Kanker Payudara

Health | Kamis, 06 April 2017 | 18:30 WIB

Minum Anggur Putih Berisiko Kena Kanker Lebih Besar

Minum Anggur Putih Berisiko Kena Kanker Lebih Besar

Health | Rabu, 21 Desember 2016 | 19:17 WIB

Perempuan Sekarang Konsumsi Alkohol Sama dengan Lelaki

Perempuan Sekarang Konsumsi Alkohol Sama dengan Lelaki

Lifestyle | Senin, 31 Oktober 2016 | 09:25 WIB

Terkini

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:11 WIB

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:00 WIB

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:52 WIB

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:48 WIB

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:25 WIB

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:17 WIB

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

×