Studi: Brokoli Mampu Turunkan Kadar Gula Darah pada Diabetesi

Reky Kalumata | Firsta Nodia
Studi: Brokoli Mampu Turunkan Kadar Gula Darah pada Diabetesi
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

Brokoli kaya akan sulforaphane

Suara.com - Siapa sangka, sayuran hijau brokoli memiliki khasiat dalam mengelola kadar gula darah penderita diabetes tipe 2. Menurut hasil studi yang dilakukan tim peneliti Lund University di Swedia, brokoli kaya akan sulforaphane, senyawa alami yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Pada penelitian yang dilakukan pada tikus berpenyakit diabetes, Annika Axelsson peneliti utama mengatakan, senyawa sulforaphane mengurangi kadar glukosa berlebihan dalam darah secara siginifikan.

Efek ini sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan pemberian metformin, obat yang diresepkan pada diabetesi. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung kromium, dimana mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang pada gilirannya dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah.

Seperti diketahui diabetes tipe 2 diidap oleh 450 juta orang di dunia dan 15 persen pasien tidak dapat menggunakan obat metformin lini pertama karena berisiko menimbulkan kerusakan ginjal.

Oleh karena itu temuan ini memberi angin segar bagi diabetesi agar dapat menjadikan asupan brokoli untuk mengendalikan kadar gula darah mereka. Namun Anda harus memperhatikan cara pengolahan brokoli agar kandungan gizinya tidak rusak, yakni dengan cara dikukus, ditumis dalam waktu yang tidak terlalu lama. (Boldsky)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS