Suka Makan Burger dan Pizza? Awas Diincar Kanker!

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 11:50 WIB
Suka Makan Burger dan Pizza? Awas Diincar Kanker!
Ilustrasi menyantap burger. (Shutterstock)

Suara.com - Apakah Anda tergolong orang yang gemar menyantap sajian Burger dan Pizza? Jika ya, maka waspadai risiko kanker.

Sebuah studi terkini menunjukkan, selain berkontribusi pada peningkatan berat badan, konsumsi Burger dan Pizza dapat meningkatkan risiko kanker sebesar sepuluh persen.

Peneliti ​​utama Cynthia Thomson, Profesor di University of Arizona di Amerika Serikat menemukan makanan tinggi kalori dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga risiko kanker meningkat.

"Burger dan Pizza merupakan dua jenis makanan yang tinggi kalori dengan banyak penggemar. Edukasi tentang bahaya kanker dari konsumsi dua jenis makanan ini harus ditingkatkan," ujar Cynthia dilansir Zeenwes.

Sementara itu, jenis makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan dianggap rendah kalori karena lebih banyak mengandung nutrisi.

Untuk mendapatkan hubungan antara konsumsi burger dan pizza dengan risiko kanker, peneliti menggunakan data tentang 90.000 perempuan yang telah menopause termasuk pola makan mereka dan diagnosis kanker yang mungkin dialami.

"Kabar baiknya kanker bisa dicegah dengan perubahan pola diet. Kami berharap temuan ini bisa menjadi pengingat bagi masyarakat agar membatasi konsumsi makanan tinggi kalori," tambah Cynthia.

Sementara itu, studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana diet tinggi kalori dapat berperan dalam meningkatkan risiko kanker bagi populasi lain seperti remaja dan laki-laki.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Ayah Cenderung Beri Anak "Junk Food" Saat Ibu Tak Mengawasi

Ayah Cenderung Beri Anak "Junk Food" Saat Ibu Tak Mengawasi

Health | Senin, 17 Juli 2017 | 19:31 WIB

Seram, Kematian Menghantui Mereka yang Doyan Makan Kentang Goreng

Seram, Kematian Menghantui Mereka yang Doyan Makan Kentang Goreng

Health | Senin, 12 Juni 2017 | 06:00 WIB

"Junk Food" Bikin Ketagihan, Ini Alasannya!

"Junk Food" Bikin Ketagihan, Ini Alasannya!

Health | Senin, 27 Juni 2016 | 17:19 WIB

Ini yang Terjadi Saat Anda Berhenti Menyantap Junk Food

Ini yang Terjadi Saat Anda Berhenti Menyantap Junk Food

Health | Sabtu, 25 Juni 2016 | 19:31 WIB

Hati-Hati, Empat Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

Hati-Hati, Empat Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

Health | Senin, 30 Mei 2016 | 15:01 WIB

Studi: Junk Food Bisa Membuat Otak Menyusut

Studi: Junk Food Bisa Membuat Otak Menyusut

Health | Selasa, 15 September 2015 | 11:20 WIB

Terkini

Hunian Dekat Alam, Cara Baru Menikmati Hidup di Tengah Padatnya Kota

Hunian Dekat Alam, Cara Baru Menikmati Hidup di Tengah Padatnya Kota

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:13 WIB

iCAR Indonesia Perluas Jangkauan Dealer di Kawasan Bisnis Jakarta

iCAR Indonesia Perluas Jangkauan Dealer di Kawasan Bisnis Jakarta

Otomotif | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:10 WIB

Truk Hantam 3 Motor di JLS Salatiga, 1 Orang Tewas

Truk Hantam 3 Motor di JLS Salatiga, 1 Orang Tewas

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:08 WIB

5 Lip Cream Wardah yang Tahan Lama dan Tidak Bikin Bibir Kering Sesuai Review

5 Lip Cream Wardah yang Tahan Lama dan Tidak Bikin Bibir Kering Sesuai Review

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Resiliensi Kedaulatan Pangan Bahari & Sinergi Regenerasi Komunitas Desa Les

Resiliensi Kedaulatan Pangan Bahari & Sinergi Regenerasi Komunitas Desa Les

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:03 WIB

Jakarta Punya Aturan Baru: Pembangunan 30 Tahun ke Depan Tak Boleh Rusak Lingkungan

Jakarta Punya Aturan Baru: Pembangunan 30 Tahun ke Depan Tak Boleh Rusak Lingkungan

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:02 WIB

Gubernur Khofifah Terima Anugerah Bintang LVRI di Peringatan Hari Veteran Nasional 2026

Gubernur Khofifah Terima Anugerah Bintang LVRI di Peringatan Hari Veteran Nasional 2026

Jatim | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:00 WIB

Paspor Dicabut, Tanah Air Ikut Hilang: Jejak Eksil 1965 oleh Martin Aleida

Paspor Dicabut, Tanah Air Ikut Hilang: Jejak Eksil 1965 oleh Martin Aleida

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 10:00 WIB

Sampel Organ Sutrimo Diteliti di Laboratorium: Makan Waktu 2 hingga 3 Pekan

Sampel Organ Sutrimo Diteliti di Laboratorium: Makan Waktu 2 hingga 3 Pekan

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 09:59 WIB

Daftar Atribut Pramuka SD Lengkap untuk 14 Agustus 2026, Apa Saja yang Wajib Dipakai?

Daftar Atribut Pramuka SD Lengkap untuk 14 Agustus 2026, Apa Saja yang Wajib Dipakai?

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 09:53 WIB

×