Pilih Sekolah Anak, Ini yang Harus Diperhatikan Orangtua

Ririn Indriani | Risna Halidi
BukaTalks 'Sekolah Yang Tepat Bagi Anak Kita', di Hall Bukalapak, Plaza City View Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, (16/11/2017). (Suara.com/Risna Halidi)
BukaTalks 'Sekolah Yang Tepat Bagi Anak Kita', di Hall Bukalapak, Plaza City View Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, (16/11/2017). (Suara.com/Risna Halidi)

Pilih sekolah untuk anak, gampang-gampang susah.

Suara.com - Sekolah merupakan salah satu sarana untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Maka dari itu, pendidikan telah menjadi satu dari sekian prioritas utama orangtua untuk anak-anak mereka.

Tetapi pada praktiknya, mencari sekolah bagi anak ternyata susah-susah gampang. "Sekolah ataupun pendidikan yang baik untuk anak tidak harus melalui sekolah yang mahal, namun bagaimana anak dapat mengotimalkan tumbuh kembangnya, pembentukan karakter, serta memfasilitasi bakat anak. Para orang tua berperan aktif dalam hal ini," ujar Corporate Communications Bukalapak, Evi Andarini dalam acara BukaTalks 'Sekolah Yang Tepat Bagi Anak Kita', di Hall Bukalapak, Plaza City View Kemang, Jakarta Selatan, Kamis, (16/11/2017).

Ia menambahkan orangtua harus menjadi observer sekaligus pendidik utama dan menyesuaikan pemilihan sekolah dengan pola pendidikan dalam keluarga.

Beberapa hal yang harus menjadi faktor pertimbangan ketika memilih sekolah adalah lingkungan sekolah, kurikulum, kenyamanan anak, kemampuan finansial, juga kebutuhan psikologis mendasar anak dan memperhatikan tahapan perkembangan anak.

"Sebagai seorang ibu, kita selalu mau yang terbaik untuk anak, termasuk memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak. Tetapi sebelum kita memilih sekolah mana yang tepat, ada baiknya untuk kita melihat kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian dari anak kita," kata psikolog sekaligus ibu dari dua orang putri, Rosdiana Setyaningrum yang hadir dalam acara Bukatalks.

Salah satu hal yang sangat penting lainnya adalah kemampuan finansial. Tidak dipungkiri, banyak sekolah dengan kualitas jempolan memiliki biaya bulanan yang selangit.

"Merencanakan keuangan dengan baik untuk masa depan keluarga sangat penting. Kita harus punya gambaran tentang pendidikan yang seperti apa yang kita inginkan untuk anak kita. Setelah itu, kita baru akan tahu, berapa banyak dana yang harus kita sisihkan untuk dapat mewujudkan hal tersebut," tambah penasehat keuangan dari Integrita Financial Planner, Ghita Argasasmita.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS