Ini Kebiasaan Buruk di Pagi hari yang Bikin Bobot Melonjak

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Ini Kebiasaan Buruk di Pagi hari yang Bikin Bobot Melonjak
Ilustrasi bangun tidur (visualphotos)

Ada lima kebiasaan buruk di pagi hari yang bikin bobot melonjak, intip yuk!

Suara.com - Setiap orang memiliki ritual pagi hari setelah bangun tidur. Seperti berulang kali menekan timbil "snooze" di alarm, melakukan peregangan selama tiga menit, mandi di shower setengah jam, minum air putih dan masih banyak lagi.

Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa apa yang Anda lakukan di pagi hari, ternyata bisa mempengaruhi lingkar pinggang Anda.

Ritual pagi hari yang dilakukan dengan tidak tepat, bisa bertanggung jawab atas kenaikan beberapa kilo yang tidak diinginkan. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya yang dilansir The Sun.

1. Terlalu banyak tidur
Saat tidur, ada keseimbangan antara tidak cukup dan terlalu banyak. Kita tahu kurang tidur, membuat kita cenderung makan lebih banyak dan membuat kekebalan tubuh menjadi rendah. Sebaliknya, terlalu banyak tidur bisa menyebabkan risiko kesehatan pula.

Satu studi menemukan bahwa orang yang secara genetik rentan terhadap obesitas, lebih cenderung memiliki kelebihan lemak tubuh, jika mereka memiliki pola tidur tidak biasa.

Para periset menemukan bahwa orang yang memiliki pola tidur lebih dari sembilan jam semalam, berisiko mengalami kenaikan berat badan sekitar 4kg daripada normalnya, terlepas dari diet, masalah kesehatan atau tingkat pendapatan.

Orang dewasa yang bekerja shift atau tidur siang di siang hari juga cenderung memiliki berat badan berlebih, jika mereka memiliki risiko obesitas genetik tinggi.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS