Mau Cegah Kanker Payudara? Turunkan Berat Badan!

Tomi Tresnady | Risna Halidi
Mau Cegah Kanker Payudara? Turunkan Berat Badan!
Perempuan kampanye melawan kanker payudara. [shutterstock]

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Suara.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kehilangan berat badan dapat membantu seseorang mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga sepertiganya.

Dikatakan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker payudara karena sel lemak bisa menghasilkan hormon yang membantu menumbuhkan tumor.

Peneliti dari Amerika Serikat kemudian melakukan penelitian acak pada lebih dari 61.000 perempuan berusia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun.

"Penurunan berat badan relatif tinggi dikaitkan dengan penurunan signifikan kejadian kanker payudara," kata Rowan Chlebowski, peneliti utama dari Departemen Onkologi Medis dan Penelitian Terapeutik di City of Hope, Amerika Serikat.

"Dari penelitian ini, kami memiliki bukti bahwa strategi penurunan berat badan dapat efektif dalam menurunkan risiko kanker payudara pada perempuan pascamenopause," kata Chlebowski lagi seperti yang dikutip Zeenews dari The Telegraph.

Peneliti mengungkapkan bahwa perempuan yang kehilangan lima persen dari berat badan membuat risiko terkena kanker payudara turun sebesar 12 persen.

Resiko kemudian turun menjadi 37 persen untuk perempuan pascamenopause yang berat badannya turun sebesar 15 persen. (zeenews.india.com)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS