Lima Alasan Mengapa "Nge-gym" Pagi-pagi Lebih Baik

Ririn Indriani | Risna Halidi
Lima Alasan Mengapa "Nge-gym" Pagi-pagi Lebih Baik
Ilustasi. (Shutterstock)

Tak hanya tubuh yang segar, pagi hari juga menawarkan banyak manfaat lain.

Suara.com - Salah satu personal trainer ternama di London, Keith McNiven mengatakan latihan olah tubuh seperti gym akan lebih baik dilakukan tepat sesaat setelah bangun tidur di pagi hari.

"Kita bisa lebih produktif sepanjang hari dari mendapatkan motivasi yang kita miliki di pagi hari," kata personal trainer dari Right Path Fitness London, Keith McNiven kepada The Sun.

Menurutnya, ada lima alasan kuat mengapa memulai gym lebih awal adalah alasan yang baik. Berikut ulasannya dari news.com.au.

1. Membangun otot lebih cepat
Memulai kebiasaan gym dipagi hari bisa membantu otot tubuh tumbuh lebih cepat. Pada dini hari, kadar hormon vital seperti testosteron yang memiliki fungsi membangun massa otot cenderung lebih tinggi.

"Anda bisa memanfaatkan hormon alami ini saat mereka memuncak. Daripada di lain waktu saat kadar mereka (hormon) lebih rendah," kata Keith McNiven.

2. Metabolisme sedang di puncak
Metabolisme adalah kunci dalam mengurangi lemak dalam tubuh. Itu semua terjadi karena metabolisme mengatur proses pembakaran energi dan kalori dalam tubuh.

Beberapa hal yang berperan dalam proses metabolisme adalah kegemukan, usia, jenis kelamin, dan gen. Meski begitu, bukan berarti orang dengan metabolisme lamban memiliki alasan.

"Tanpa diragukan lagi, olahraga dapat meningkatkan kinerja metabolisme Anda. Tergantung tingkat kebugaran Anda saat ini dan jenis kelamin yang Anda pilih," ucap Keith.

Ia juga menambahkan olahraga di pagi hari akan membantu meningkatkan kinerja metabolisme seseorang dan membakar lebih banyak kalori di sepanjang sisa hari.

Fenomena ini disebut dengan istilah konsumsi oksigen pascalatihan berlebih atau EPOC. Sehingga memungkinkan tubuh membakar kalori meski saat tak melakukan olahraga dan dalam mode istirahat.

3. Lebih tenang
Ya, datang ke ruangan gym saat pagi membuat Anda memiliki kesempatan menikmati gym yang lebih tenang pula. "Jauh lebih mudah untuk berlatih saat fasilitas kurang ramai. Dan itu terjadi saat pagi-pagi," kata Keith.

4. Dapat menghalau distraksi
Apa yang menghalangi Anda pergi ke gym? Bisa jadi kopi, kelelahan, atau bahkan laporan yang terlambat. "Anda jauh lebih mungkin untuk konsisten dengan latihan jika menyelesaikannya di awal daripada menunggu nanti," jelas Keith.

5. Waktu lebih berkualitas
Kenikmatan lain dalam berlatih di pagi hari adalah Anda bisa merasa panas dan berkeringat dan kemudian dibersihkan lalu merasa segar kembali sebelum Anda pergi bekerja.

Dan itu berarti, Anda bisa kembali pulang ke rumah setelah berlatih di pagi hari.

"Itulah mengapa mengiris segmen kecil dalam hidup, seperti melakukan kebiasaan baik di pagi hari, dibanding melakukannya di malam hari akan lebih baik. Anda bisa melawan jam sibuk, ke gym tidak dalam kondisi padat dan pulang ke rumah, lalu menghabiskan waktu apapun yang tersisa untuk keluarga," tutup Keith.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS