Kulit Melepuh Setelah Diolesi Bawang Putih, Apa Solusinya?

Ririn Indriani
Kulit Melepuh Setelah Diolesi Bawang Putih, Apa Solusinya?
Ilustrasi keluhan kulit melepuh. (Shutterstock)

Kulit melepuh setelah diolesi bawang putih tanda terjadi peradangan.

Suara.com - Tanya:

Selamat siang Dokter,
Saya mencoba menghilangkan jerawat dengan bawang putih, tapi kulit saya malah melepuh dan merah seperti terbakar. Saya sudah memakai minyak tawon, tapi belum kelihatan hasilnya. Apa ada solusi lain agar kulit saya kembali seperti semula, Dok? Mohon sarannya. Terima kasih.

UD

 
Jawab:

Selamat siang Saudari UD,
Kulit melepuh yang Anda alami dapat diakibatkan oleh iritasi dan alergi terhadap bawang putih. Hal ini dapat disebut dengan dermatitis kontak.

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit akibat paparan bahan / zat tertentu pada kulit yang mengakibatkan iritasi / alergi.

Dermatitis kontak akan menyebabkan kulit menjadi kemerahan, gatal, panas, terasa seperti terbakar sampai melepuh, kulit kering dan pecah-pecah.

Meskipun dermatitis kontak berangsur-angsur akan menghilang apabila kulit sudah tidak berkontak dengan bahan / zat yang menyebabkan dermatitis, tapi gejala pada kulit dapat bertahan sampai berminggu-minggu bervariasi pada setiap orang.

Untuk mengurangi peradangan anda dapat menggunakan krim / salep yang mengandung kortikosteroid seperti hidrokortison atau betametason. Kami sarankan agar anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan, serta jenis krim / salep yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.
 
Dijawab oleh: dr. Ayu Andrian Putri
Sumber: https://meetdoctor.com

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS