Aspirin Bisa Cegah Serangan Jantung? Dokter Ungkap Fakta

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Aspirin Bisa Cegah Serangan Jantung? Dokter Ungkap Fakta
Aspirin, obat pengencer darah. (shutterstock)

Aspirin untuk mencegah keparahan gumpalan darah.

Suara.com - Benarkah obat pengencer darah, aspirin, mampu melindungi seseorang dari risiko serangan jantung? Menanggapi hal ini dr Johan Winata SpJP(K) FIHA dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Puri Indah mengatakan bahwa aspirin bukanlah obat pencegah serangan jantung.

BACA JUGA: 5 Suporter Tercantik di Piala Dunia 2018, Seksi Abis!

Ia menjelaskan, aspirin digunakan untuk mencegah keparahan gumpalan darah yang dapat memicu serangan jantung. Namun Johan membantah anggapan bahwa terus menerus mengonsumsi aspirin bisa mencegah seseorang dari risiko serangan jantung.

BACA JUGA: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kurangi Minum Air Es

"Aspirin itu kalau terbentuk gumpalan darah, terus dikasih asprin, yang tadinya harusnya hebat jadi nggak terlalu hebat gumpalannya. Jadi, aspirin fungsinya bukan untuk menghilangkan penyempitan pembuluh darah, tapi hanya mencegah supaya nggak hebat gumpalannya," ujar dia dalam temu media di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

BACA JUGA: Kamu Cewek Mandiri dan Kuat? Kamu Butuh 7 Tipe Cowok Ini

Konsumsi aspirin tak sesuai indikasi, kata Johan, justru bisa memicu iritasi pada lambung dan hati. Itu sebabnya Ia menganjurkan agar aspirin digunakan hanya pada mereka yang memiliki penyakit jantung.

"Aspirin seringkali pada pemakaian yang lama dapat mengiritasi lambung. Kalau apes bisa terjadi gangguan di liver. Jadi, kalau konsumsi tanpa indikasi sama saja melukai diri sendiri," terangnya meluruskan anggapan sebagian orang yang meyakini bahwa aspirin bisa mencegah serangan jantung.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS