Di Toilet Lebih dari 10 Menit, 3 Risiko Kesehatan Ini Mengintai!

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Di Toilet Lebih dari 10 Menit, 3 Risiko Kesehatan Ini Mengintai!
Ilustrasi di toilet. (Shutterstock)

Anda terutama yang sering berlama-lama di toilet harus tahu apa saja risiko kesehatan yang bisa terjadi.

Suara.com - Meski identik dengan tempat yang jorok, menurut survei, toilet merupakan tempat favorit banyak orang untuk mencari ide serta melepaskan diri dari segala kepenatan hidup, namun pastikan Anda tidak berada di toilet lebih dari 10 menit, karena ada beberapa risiko kesehatan yang mengincar.

Ya, seperti dilansir laman Times of India, para ahli medis menyarankan masyarakat untuk tidak berlama-lama di toilet hingga 10 menit. Bahkan mereka menyebut, makin cepat keluar dari toilet maka makin rendah bahayanya ke tubuh Anda.

Pasalnya ada tiga gangguan kesehatan yang bisa Anda alami jika terlalu lama berada di toilet. Berikut ulasannya:

1. Infeksi kuman
Ya, jika Anda termasuk salah satu yang gemar membawa ponsel saat ke toilet maka siap-siap terpapar infeksi kuman. Pasalnya, ponsel yang di bawa masuk ke toilet berisiko 18 kali lebih banyak terpapar kuman. Bahkan sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa 1 dari 6 ponsel sebenarnya memiliki jejak kotoran di permukaannya tanpa disadari sang pemilik.

2. Memicu wasir
Alasan lain mengapa Anda harus membatasi waktu di toilet adalah bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan wasir atau ambien. Salah satu gejalanya adalah adanya pembuluh darah yang menonjol di sekitar anus dan menyebabkan rasa sakit ketika buang air besar.

3. Gerakan usus terganggu
Jika Anda terlalu lama mengejan tinja ketika berada di toilet maka selain ambien, hal ini juga dapat menyebabkan gerakan usus terganggu. Pada gilirannya kondisi ini membawa Anda pada perut yang terasa keras.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS